Noh Alam Shah Kenang Cetak 7 Gol ke Gawang Laos di Piala AFF 2007

Oleh Rizki Hidayat pada 30 Sep 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2020, 12:00 WIB
Noh Alam Shah
Mantan pemain tim nasional Singapura, Noh Alam Shah. (AFP/Tengku Bahar)

Bola.com, Jakarta - Noh Alam Shah merupakan satu di antara striker yang ditakuti di Asia Tenggara pada awal era 2000 an. Berbagai rekor gol berhasil diukir pria yang akrab disapa Along itu, satu di antaranya adalah mencetak tujuh gol ke gawang Laos di Piala AFF 2007.

Noh Alam Shah menjadi andalan di lini serang Timnas Singapura dari 2001 sampai 2010. Bersama The Lions, dia mendulang 35 gol dari 84 caps. Along juga turut membantu Singapura merengkuh gelar juara Piala AFF 2004 dan 2007.

Pada perhelatan Piala AFF 2007, Noh Alan Shah tak hanya membawa Timnas Singapura menjadi juara, namun juga menyandang status top skorer dan pemain terbaik. Dia berhasil mendulang 11 gol, unggul tujuh gol atas Pipat Thonkanya (Thailand) dan Phan Thanh Binh (Vietnam).

Dari 11 gol tersebut, tujuh di antaranya disarangkan Noh Alam Shah ketika Singapura bersua Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2007. Bermain di National Stadium, Kalang, 15 Januari 2007, Along mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-11', 24', 61', 72', 76', 88', dan 90+2'.

Timnas Singapura akhirnya menyudahi laga dengan kemenangan 11-0. Empat gol The Lions lainnya dicetak Muhammad Ridhuan pada menit ke-10, Shahril Ishak menit ke-47, Mohammad Khairul Amri menit ke-71, dan Itimi Dickson 78'.

Torehan tersebut membuat Noh Alam Shah masuk buku rekor dunia sebagai pesepak bola yang berhasil mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan. Rekor itu pun sampai saat ini tak mampu dipecahkan oleh pemain manapun, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

 

2 dari 3 halaman

Momen Istimewa

Timnas Singapura U-22, Noh Alam Shah
Asisten pelatih Timnas Singapura U-22, Noh Alam Shah. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Bagi Noh Alam Shah, mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan terasa istimewa. Meski begitu, Along menyebut keberhasilannya menorehkan tujuh gol dalam satu laga tak lepas dari umpan-umpan matang yang dilepaskan rekan setimnya.

"Abang itu sebenarnya bisa mencetak tujuh gol karena assistnya yang bagus. Abang cuma masukan aja itu, gampang-gampang golnya," ujar Noh Alam Shah dalam akun YouTube milik Dendi Santoso.

"Tetapi, hari itu memang hari yang istimewa, abang enggak bisa jelaskan dengan kata-kata. Kalau abang tendang dari arah mana pun, bahkan tendang dari kamar mandi bakal gol itu semuanya. Jadi, memang hari itu memang benar-benar istimewa," lanjut Along sambil tertawa.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓