Sukses


Tak Dapat Lawan Uji Coba, Timnas Indonesia U-19 Batal ke Turki Tetap Bertahan di Krosia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 tak jadi menggelar pelatnas di Turki. Pasalnya, PSSI selaku federasi sepak bola di Tanah Air belum bisa mendapatkan lawan untuk skuad Garuda Muda.

Alhasil, TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia jadi diperpanjang hingga satu bulan kedepan. TC di negara tersebut sudah berlangsung sejak 30 Agustus 2020 lalu.

"PSSI memutuskan Timnas Indonesia U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule, disadur dari laman PSSI, Jumat (2/10).

Sebelumnya, PSSI memang mengagendakan laga uji coba dalam bentuk turnamen mini untuk Timnas Indonesia U-19 selama TC di Turki. Bersama federasi tuan rumah, PSSI terus melakukan negosiasi dan komunikasi dengan beberapa negara seperti Uni Emirat Arab (UEA), Iran, dan Mesir.

Bila rencana uji coba di Turki tak berjalan mulus, berbeda dengan di Kroasia. Sebab, PSSI dikatakan Iwan Bule sudah menyiapkan lawan untuk pasukan Shin Tae-yong itu.

"Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk Timnas Indonesia U-19 selama bulan Oktober ini di Kroasia," imbuhnya.

Video

2 dari 2 halaman

Geber Latihan Fisik

Adapun selama satu bulan terakhir menjalani TC di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 sudah berlatih tanding sebanyak tujuh kali. Lawan-lawan yang dihadapi yaitu Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), Qatar (2-1, 1-1), Bosnia dan Herzegovina (0-1), serta Dinamo Zagreb (1-0).

Setelah melahap tujuh pertandingan uji coba di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 kembali berlatih secara rutin. Usai digeber dengan latihan fisik, tim berjulukan Garuda Muda itu dipaksa untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

"Pekan ini kami fokus kepada pemain untuk latihan beban. Pemain harus semakin kuat otot dan power mereka. Selain itu, kondisi fisik dan stamina juga harus dijaga," ucap Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Sebelumnya, Shin Tae-yong blak-blakan mengakui bahwa kelemahan Timnas Indonesia U-19 ada di otot yang kurang kuat dan kurang bertenaga. Karena itu, Garuda Muda dianggapnya masih sering kelelahan.

Video Populer

Foto Populer