Sukses


Timnas Indonesia U-19 Dianggap Main Begitu Ngotot di Tangan Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Permainan Timnas Indonesia U-19 semakin meningkat di tangan Shin Tae-yong. Menurut pengamat sepak bola, Bambang Nurdiansyah, arsitek asal Korea Selatan itu mampu mengeluarkan potensi terbesar dari David Maulana dan kawan-kawan.

Sejak diracik oleh Shin Tae-yong, Banur melihat Timnas Indonesia U-19 bermain lebih semangat. Tidak hanya itu, tim berjulukan Garuda Muda ini juga dianggapnya bekerja lebih keras di atas lapangan.

"Ada permainan yang berubah. Sekarang Timnas Indonesia U-19 bermain lebih ngotot. Menurut saya, ada perkembangan ke arah yang lebih baik," kata pria yang karib dipanggil Banur itu.

"Menurut saya, dari penampilan dan kondisi fisik ada perubahan. Untuk strategi dan taktikal, masih ada waktu bagi Shin Tae-yong," jelas pelatih Muba Babel United ini.

Saat ini, Shin Tae-yong masih menggeber Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Kroasia. Garuda Muda telah berlatih sejak akhir Agustus 2020 dan melalui sejumlah pertandingan uji coba.

Video

2 dari 2 halaman

Uji Coba Sangat Berguna

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-19 telah menjalani tujuh partai latih tanding. Hasilnya, Garuda Muda membukukan dua kemenangan, dua imbang, dan tiga kali kalah.

Ketika kalah 0-1 dari Bosnia dan Herzegovina U-19, Shin Tae-yong merotasi starting line up-nya. Eksperimen pelatih berusia 49 tahun ini gagal karena perbedaan kualitas antara pemain utama dan pelapis.

"Ini hanya uji coba. Saya jika melatih, mau melihat semua pemain juga. Mereka pasti punya datanya dalam setiap laga lalu dievaluasi. Nanti dirumuskan kira-kira mana susunan pemain yang terbaik," imbuh Banur.

"Soal timpang atau tidak, ini cuma uji coba. Pastinya Shin Tae-yong punya datanya. Minimal kalau pemain utama absen, siapa yang gantikan. Itu gunanya uji coba," terang mantan pelatih Persija Jakarta ini.

Video Populer

Foto Populer