Sukses


Selangkah Lagi Jadi WNI, Marc Klok Tak Sabar Memperkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mimpi Marc Klok untuk berseragam Timnas Indonesia segera menjadi kenyataan. Ya, proses naturalisasi gelandang Persija Jakarta itu telah disetujui oleh pemerintah.

Pemerintah melalui Komisi III DPR RI bersama Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan PSSI membahas nasib Marc Klok pada rapat kerja virtual bertajuk Pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia pada Senin (5/10/2020).

Bersama tiga pebasket, Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, dan Lester Prosper, permintaan perpindahan kewarganegaraan Klok telah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah.

Marc Klok sudah tidak sabar membela Timnas Indonesia jika telah resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Selama ini, niatan tersebut harus dipendamnya karena proses naturalisasinya memakan waktu cukup lama dan sempat terhambat pandemi COVID-19.

"Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia dan tertarik juga dengan kultur Indonesia yang dikenal dengan keramahannya," kata Marc Klok dinukil dari laman PSSI.

"Saya berjarap bisa memperkuat Timnas Indonesia dan meraih prestasi juga bersama timnas," imbuh mantan pemain PSM Makassar ini.

Video

2 dari 2 halaman

Sempat Dipanggil ke Timnas Indonesia

Sewaktu proses naturalisasinya masih berjalan, Marc Klok pernah dipanggil Timnas Indonesia. Ketika itu, ia dipercaya eks pelatih Simon McMenemy untuk bergabung di sesi latihan.

Darah Indonesia Marc Klok mengalir dari kakek buyutnya yang bernama Jan Ernst Karel Klok, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan prosedur naturalisasinya, Marc Klok juga dibantu oleh PSSI. Sebab, tenaganya akan diproyeksikan untuk Timnas Indonesia.

"Terima kasih kepada Ketua PSS, Mochamad Iriawan dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya merasa senang. Semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar," imbuh Marc Klok.

Video Populer

Foto Populer