Sukses


Marc Klok Sudah Tidak Sabar Bertemu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bisa memanfaatkan kemampuan Marc Klok dalam waktu dekat. Proses naturalisasi gelandang kelahiran Amsterdam, Belanda, itu telah memasuki babak akhir.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan besar akan memanggil Marc Klok jika sang pemain telah menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Kemampuan Marc Klok sebagai gelandang bertahan merangkap pengatur serangan bakal sangat berguna bagi Timnas Indonesia. Karakteristiknya lumayan cocok dengan pakem Shin Tae-yong. Arsitek berusia 49 tahun itu mengandalkan dua pemain tengah yang kuat memegang bola dalam formasi 4-4-2.

Marc Klok mengaku belum berkomunikasi dengan Shin Tae-yong mengenai peluangnya bermain untuk Timnas Indonesia. Namun, ia sudah tidak sabar menghadap arsitek asal Korea Selatan tersebut.

"Saya belum pernah bertemu dengan Shin Tae-yong. Tapi, saya sudah tidak sabar berjumpa dengannya," kata Marc Klok kepada Bola.com, Senin (5/10/2020).

Video

2 dari 3 halaman

Perkembangan Naturalisasi Marc Klok

Untuk mendapatkan status WNI, Marc Klok tinggal menghadap ke Komisi X DPR sebelum direkomendasikan ke Sidang Paripurna dan disetujui oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres), .

Setelah itu, gelandang Persija Jakarta itu akan mengikuti pengambilan sumpah atau menyatakan janji sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham yang ditunjuk dan mendapatkan paspor Indonesia.

"Soal naturalisasi saya? Hanya beberapa formalitas saja yang perlu diselesaikan," kata pemain yang pernah berkarier di Liga Skotlandia tersebut.

"Saya akan mengambil sumpah dan menyatakan janji sebagai WNI. Presiden juga harus menandatangani dokumen saya. Semuanya akan selesai. Saya siap mempersembahkan trofi untuk Timnas Indonesia," imbuh Marc Klok.

3 dari 3 halaman

Target Marc Klok

Target terdekat Marc Klok jika proses naturalisasinya tuntas adalah memperkuat Timnas Indonesia di dua turnamen. Mantan pemain PSM Makassar itu ingin bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Jadwal dari lanjutan turnamen tersebut masih belum pasti, namun rencananya akan kembali digulirkan pada awal 2021.

Marc Klok juga ngebet membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Di kejuaraan yang akan berlangsung pada April-Mei 2021 tersebut, gelandang kelahiran Amsterdam, Belanda itu langsung memasang target trofi juara.

"Saya ingin bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia bersama Timnas Indonesia. Saya juga ingin membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2021 dan memenangkan turnamen tersebut," imbuh pemain yang memiliki keturunan Indonesia dari kakek buyutnya tersebut.

Video Populer

Foto Populer