Sukses


15 Pemain Asing yang Pergi dari Shopee Liga 1 2020 karena Ketidakjelasan Kompetisi, Bye-bye Paulo Sergio

Bola.com, Jakarta - Ketidakjelasan kompetisi dan pemotongan gaji membuat banyak pemain asing tidak kerasan untuk melanjutkan Shopee Liga 1 musim ini. Pilihan yang paling realistis adalah memutus kontrak dan angkat kaki dari Indonesia.

PSSI melalui Surat Keputusan (SK) bernomor bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang "Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020" mempersilakan setiap peserta Shopee Liga 1 untuk memangkas gaji pemain dan pelatihnya hingga 50 persen.

Kebijakan tersebut membuat sejumlah pemain asing menjerit. Bahkan, beberapa klub mencoba merevisi kontrak di bawah ketentuan PSSI.

Selain itu, ketidakjelasan Shopee Liga 1 juga membuat pemain asing memilih untuk berkarier di negara lain. Antek Bakmaz, misalnya. Bek asal Australia itu pergi dari Persik Kediri untuk bermain di Liga Rumania.

"Saya memiliki kesempatan untuk bermain di kompetisi yang lebih kuat dan saat itu, PSSI belum membuat keputusan terkait masa depan Shopee Liga 1. Saya di Rumania dan menandatangani kontrak dengan klub di sini," kata Bakmaz kepada Bola.com.

Sekitar 15 pemain asing telah angkat kaki dari Indonesia karena suramnya masa depan Shopee Liga 1. Siapa saja?

Video

2 dari 11 halaman

4 Pemain Arema FC

Arema FC ditinggalkan dua pemainnya, Jonathan Bauman dan Oh In-kyun karena keduanya tidak sepakat dengan renegosiasi kontrak. Akan tetapi, tim berjulukan Singo Edan itu juga mendepak dua nama impor lainnya.

Arema FC memanfaatkan bursa transfer pertengahan musim dengan mendepak Elias Alderete dan Matias Malvino. Tenaga keduanya tidak lagi dibutuhkan oleh pelatih baru Carlos Oliveira.

3 dari 11 halaman

2 Pemain Persipura Jayapura

Persipura Jayapura terpaksa memutus kontrak dua pemain asingnya, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha. Keduanya ditengarai tidak setuju dengan renegosiasi kontrak.

Kedua pemain ini sebenarnya berstatus sebagai pemain Arema FC. Namun, mereka bermain bersama Persipura sebagai pemain pinjaman pada musim 2020.

Setelah meninggalkan Persipura, keduanya kompak bermain di tim yang sama. Comvalius dan Cunha bergabung dengan tim asal Malta, Slieman Wanderers FC.

4 dari 11 halaman

2 Pemain Persik Kediri

Dua pemain Persik Kediri memilih cabut dari Shopee Liga 1 2020. Keduanya adalah Nicola Asceric dan Ante Bakmaz, yang pergi akibat ketidakjelasan kompetisi dan menolak kontraknya direvisi.

Khusus Bakmaz, ia sudah punya destinasi baru setelah pergi dari Persik. Bek asal Australia itu bergabung dengan klub kasta kedua Liga Rumania, ACS Fotbal Comuna Recea.

5 dari 11 halaman

Petteri Pennanen dari Persikabo, Pelopor Pemain Asing yang Pergi

Fenomena pemain asing meninggalkan Shopee Liga 1 diawali oleh Petteri Pennanen. Gelandang berusia 29 tahun itu memilih untuk hengkang dari Persikabo agar bisa tinggal di Finlandia dan bermain untuk KuPS.

Pennanen baru bergabung dengan Persikabo pada musim ini dari klub Finlandia, KuPS. Pemain berusia 29 tahun itu menandatangani kontrak selama semusim.

Baru juga memainkan tiga pertandingan bersama Persikabo, Pennanen telah memutuskan untuk mengucapkan salam perpisahan dan mengakhiri petualangan pendeknya di Indonesia.

"Perjalanan saya di Indonesia sudah berakhir. Ketika saya menandatangani kontrak bersama Persikabo pada Januari 2020, saya tidak pernah membayangkan bahwa ceritanya akan berakhir seperti ini," tulis Pennanen.

"Kami hanya memainkan tiga pertandingan sebelum kompetisi dihentikan pada Maret 2020 dan mengubah banyak hal yang membuat saya tidak punya pilihan untuk tinggal di sana," tambahnya. 

Saat ini, Pennanen telah berada di Finlandia. Ia pulang kampung sejak awal April 2020 sebelum penerbangan internasional ditutup.

6 dari 11 halaman

Persela Lamongan Kehilangan Rafinha

Persela Lamongan kehilangan seorang legiun asingnya, Rafael Gomes de Oliveira. Pemain asal Brasil yang karib dipanggil Rafinha itu pamit setelah tidak menemukan kata sepakat saat renegosiasi kontrak dengan manajemen Persela.

Rafinha berpamitan melalui akun Instagram milikya. Ia meninggalkan Persela Lamongan setelah hampir 1,5 musim menjadi favorit dari LA Mania.

7 dari 11 halaman

Calon Bintang pun Meninggalkan Persita Tangerang

Karena alasan keluarga, Mateo Bustos memilih untuk memutus kontraknya dengan Persita Tangerang. Gelandang berusia 27 tahun itu memprioritaskan menjaga keluarganya di Argentina di tengah pandemi COVID-19.

"Keputusan saya untuk tidak kembali ke Indonesia karena saya ingin bersama dengan keluarga saya. Saat ini saya memiliki dua anak yang masih kecil, dan dalam situasi pandemi global seperti ini, kami khawatir berpergian dengan pesawat, apalagi dari Argentina ke Indonesia harus melalui empat kali penerbangan. Jadi sekarang ini prioritas utama saya tetap keluarga dan memutuskan tidak kembali ke Indonesia," imbuh Bustos.

Padahal Mateo Bustos bermain cukup baik dalam kiprah awalnya di Indonesia bersama Persita. Namun, pemain yang sempat digadang bisa menjadi bintang baru di sepak bola Indonesia ini memilih untuk menyerah.

8 dari 11 halaman

Barito Putera Lepas Pemain Palestina

Barito Putera terpaksa merelakan Yashir Pinto. Pemain asal Palestina itu didepak ketika kompetisi sedang vakum.

Padahal, Yashir Pinto baru bergabung dengan Barito Putera di awal musim. Perannya akan digantikan oleh pemain lokal.

9 dari 11 halaman

Madura United Lepas Pemain Ghana

Madura United secara resmi melepas satu pemain asing menjelang bergulirnya lanjutan Shopee Liga 1 2020, yakni penyerang sayap asal Ghana, Emmanuel Oti Essigba.

Tidak butuh waktu lama bagi Oti untuk mendapatkan klub baru setelah meninggalkan Madura United. Dia bergabung dengan klub Portugal, FC Vizela.

Saat ini, FC Vizela berkompetisi di kasta kedua Liga Portugal alias Segunda Liga. Klub yang bermarkas di Braga ini untuk sementara menduduki peringkat ke-8 dari 18 peserta musim 2020/2021.

10 dari 11 halaman

Hussein El Dor Tinggalkan PSM Makassar

Teka-teki masa depan Hussein Eldor akhirnya terungkap. Pemain berusia 26 tahun itu memutuskan hengkang dari PSM Makassar dan bergabung dengan klub Lebanon, Al Ansar.

Kepastian itu terungkap dari unggahan di akun Instagram Al Ansar. Klub asuhan Abdul-Wahab Abu Al-Hail mengunggah aksi Hussein Eldor selama membela PSM Makassar.

"Selamat datang, Hussen Eldor," tulis Al Ansar untuk melengkapi keterangan video di Instagram.

Kepergian Hussein Eldor tentu saja menjadi kerugian buat PSM Makassar. Dalam tiga laga awal Shopee Liga 1 2020, pemain asal Lebanon itu tampil gemilang di jantung pertahanan PSM.

Hussein Eldor menjadi andalan pelatih Bojan Hodak dan tampil sebanyak 270 menit dalam tiga laga awal Shopee Liga 1 2020. Hussein Eldor juga sukses menyumbang satu gol.

Namun, PSM harus merelakan kepergian Hussein Eldor yang diyakini tidak sepakat dengan proses renegosiasi kontrak. Selain Hussein Eldor, PSM juga kemungkinan besar bakal melepas beberapa pemain asingnya.

11 dari 11 halaman

Paulo Sergio Memutuskan Pergi dari Bali United

Kabar buruk menghampiri Bali United. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu resmi ditinggalkan pemain andalannya, Paulo Sergio.

Paulo Sergio memilih memutus kontraknya bersama Bali United. Gelandang berusia 36 tahun itu tidak mengungkapkan alasan kepergiannya secara spesifik.

Mantan pemain Bhayangkara FC ini hanya mengatakan setelah tidak lagi terikat sebagai pemain Bali United akan pulang kampung ke Portugal agar lebih dekat dengan keluarganya.

"Saya telah berkomunikasi dengan manajemen Bali United bahwa saya mengundurkan diri dari tim ini," kata Paulo Sergio dinukil dari laman Bali United, Senin (5/10/2020).

"Saya cinta Bali United, tapi saya juga ingin menyusul keluarga saya ke Portugal. Untuk itu, Bali United dan saya telah sepakat untuk mengakhiri kontrak di tim ini," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer