Sukses


Shopee Liga 1: Motivasi Pemain Persiraja Turun Drastis, Pelatihnya Rela Jadi Pelawak

Bola.com, Jakarta - Penundaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berdampak pada mental para pemain Persiraja Banda Aceh. Pelatih Persiraja, Hendri Susilo juga mengakui penurunan spirit tersebut juga dialami Ferry Komul dkk.

"Motivasi anak-anak kelihatan drop. Saya mengamati penurunan itu sampai limapuluh persen. Itu tampak pada gesture tubuh mereka saat latihan dan keseharian di hotel. Hampir tiap hari yang diomongkan pemain soal penundaan kompetisi ini," ujar Hendri Susilo.

Namun Hendri Susilo selalu membuat suasana internal tim terasa nyaman.

"Sejak pengumuman itu (penundaan kompetisi), saya bikin suasana riang. Baik saat latihan maupun berkumpul di meja makan. Kami lebih banyak bercanda untuk mengalihkan perhatian para pemain," katanya.

Untuk menu latihan, arsitek berlisensi A AFC ini tak memberi porsi terlalu berat. Namun program diusahakan tetap berjalan, meski tak bisa maksimal.

"Faktor psikis juga membuat fisik anak-anak ikut turun. Tapi saya selalu siasati waktu latihan. Jika mood pemain bagus, saya beri porsi latihan agak berat. Bila wajah mereka kelihatan murung, saya kurangi durasi latihannya. Ya, kira-kira program Persiraja masih bisa jalan sekitar 60 persen," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Dari Nol Lagi

Kendati begitu, mantan striker Timnas Indonesia ini masih bersyukur. Manajemen Laskar Lantak Laju tidak membubarkan tim usai pengumuman penundaan kompetisi oleh PSSI dan PT LIB lalu.

"Saya kira keputusan presiden Klub sangat bagus. Saya tetap berpikir positif Shopee Liga 1 akan jalan lagi. Dengan latihan ini, minimal kami punya modal jika nanti kompetisi diputar lagi. Jadi kita tidak mulai dari nol lagi," ucapnya.

Pelatih asal Lampung ini juga berterima kasih kepada manajemen yang telah mencairkan 50 persen gaji anggota tim Persiraja.

"Pencairan gaji bisa mengurangi kekecewaan pemain. Setidaknya, belanja untuk keluarga di rumah aman. Sehingga ini bisa mengurangi beban mental anak-anak," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer