Sukses


Pelatih Madura United Sarankan Shopee Liga 1 2020 Dihentikan dan Diganti Turnamen

Bola.com, Bangkalan - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menyarankan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak memaksakan kelanjutan Shopee Liga 1 2020. Pria yang akrab disapa RD itu menilai, kompetisi musim ini lebih baik dihentikan karena pandemi COVID-19 di Indonesia belum berakhir. 

Hampir dua pekan setelah Shopee Liga 1 2020 ditunda, PSSI dan PT LIB masih belum memberi kepastian. Situasi tersebut membuat kelanjutan kompetisi musim ini belum pasti.

Ketimbang berlarut-larut menunggu dan mengharapkan kompetisi, Rahmad Darmawan menyarankan PSSI dan PT LIB untuk fokus pada persiapan musim depan. Adapun untuk mengisi kekosongan jadwal, bisa diadakan turnamen pengganti.

"Kalau penundaan lebih dari satu bulan, saya pribadi memang lebih setuju kalau akhirnya fokus ke musim 2021. Mungkin bisa dibuat suatu turnamen yang waktunya tidak terlalu lama," kata Rahmad Darmawan.

PSSI dan PT LIB memang masih memiliki waktu tiga pekan untuk merealisasikan kelanjutan kompetisi. Namun, jika harus kembali ditunda RD menilai Shopee Liga 1 2020 hanya akan mengganggu agenda-agenda sepak bola lainnya.

"Saya berharap ini jangan ditunda lagi. Kalau ditunda lagi, saya rasa tidak ada waktu untuk kembali menyesuaikan dengan banyak agenda nasional dan internasional, terutama Piala Dunia U-20 2021," tegas RD.

Madura United sudah menggelar persiapan Shopee Liga 1 2020 sejak pertengahan Agustus lalu. Adanya penundaan kompetisi tak membuat klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu mengendurkan persiapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Agendakan Uji Coba

Madura United bertekad melakukan laga uji coba dengan sesama klub Shopee Liga 1 2020 dalam waktu dekat. Langkah itu disebut pelatih Rahmad Darmawan untuk menjaga motivasi para pemain setelah kompetisi resmi ditunda.

"Rencana memang ada untuk uji coba melawan tim Liga 1 karena atmosfernya akan berbeda. Semangat anak-anak untuk main dan latihan juga berbeda," kata RD.

"Agenda ini penting bagi pengembangan tim. Nanti kalau jadwalnya sudah fixed akan diberi tahu meskipun tidak spesifik. Kami menghindari hal yang tidak diinginkan," tegas RD.

Laga uji coba nanti menjadi yang kelima dilakukan Madura United sebagai persiapan menuju lanjutan Shopee Liga 1 2020. Pada laga terakhir, Madura United mengalahkan Putra Samudra Bangkalan dengan skor 13-1.

Video Populer

Foto Populer