Sukses


Shopee Liga 1: Pandemi Virus Corona Bikin Omset Toko Milik Kiper Persib Menurun Drastis

Bola.com, Bandung - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, mengakui usaha yang sedang dijalaninya bersama sang istri mengalami penurunan omset. Hal itu merupakan dampak dari pandemi virus corona yang masih terjadi.

Pandemi COVID-19 mulai merebak di Indonesia pada pertengahan Maret lalu. Tak lama berselang, mayoritas pemerintah daerah memberlakukan pembatasan sosial dengan melarang masyarakat beraktivitas di luar rumah.

Kontan saja, hal itu banyak berimbas pada sektor lainnya. Selain kompetisi sepak bola yang ikut terhenti, usaha-usaha yang bergerak di bidang olahraga pun merasakan dampaknya. Seperti yang dialami Made Wirawan yang memiliki toko perlengkapan olahraga di Bandung.

"Pastinya adanya penurunan omset. Apalagi, pas masa PSBB dan stay at home. Malah sempat nombok," kata Made Wirawan kepada Bola.com, Selasa (13/10/2020).

 "Tidak tentu (pendapatannya). Tetapi sekarang sudah mulai jalan normal, namun belum begitu ramai, yang penting bisa tetap jalan dulu," lanjutnya.

Kiper Persib Bandung itu mulai merintis toko perlengkapan olahraga dengan nama Made Sport pada 2016 lalu. Toko itu mempekerjakan dua orang pegawai, dan berada dibilangan Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Belum Berencana Buka Usaha Lainnya

Meski mengalami penurunan pendapatan, pemain kelahiran Bali itu belum mempunyai rencana membuka usaha lain. Kata Made, ia dan istrinya akan sabar terlebih dahulu melihat kondisi kedepannya sebelum memutuskan membuka usaha baru.

"Belum ada rencana buka usaha lain, masih fokus jalanin yang ini dulu. Mudah-mudahan ada jalan dan rejeki lagi bisa buka usaha yang lain," ungkapnya.

Soal menjaga toko, selain dua karyawannya, Made memastikan sang istri setiap hari selalu berada di Toko. Ia sendiri mengaku jarang berada di toko.

Pasalnya, kata kiper yang pernah berkostum Persiba Balikpapan itu, meski kompetisi terhenti, Persib Bandung tetap mejalani rutinitas berlatih.

"Jarang juga saya berada di toko, kan selama ini latihan terus. Jadi, jarang juga, tetapi istri yang lebih banyak waktu di toko. Cuma, pas libur baru saya ke toko," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer