Sukses


3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-19 untuk Menang Lagi atas Makedonia Utara

Bola.com, Jakarta - Performa Timnas Indonesia U-19 yang tengah menjalani pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Kroasia mulai memperlihatkan konsistensi yang bagus. Tim asuhan Shin Tae-yong itu bahkan berhasil meraih kemenangan dalam tiga laga uji coba terakhir mereka.

Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Makedonia Utara dalam laga uji coba yang digelar Minggu (11/10/2020). Kemenangan itu melanjutkan tren positif, di mana Tim Garuda Muda sebelumnya menang 1-0 atas Dinamo Zagreb dan 3-0 atas klub Kroasia, NK Dugopolje.

Kemenangan 4-1 atas Makedonia Utara juga diwarnai dengan sejumlah hal baru yang menarik. Elkan Baggott mendapatkan debut untuk mengawal lini pertahanan Tim Garuda Muda dan bermain sangat baik. Kebobolan satu gol yang dialami Timnas Indonesia U-19 pun berasal dari titik putih.

Sementara itu, Jack Brown yang masuk sebagai pemain pengganti yang tidak sesuai rencana karena Braif Fatari cedera di babak pertama, mampu memperlihatkan permainan yang apik dan positioning yang tepat di depan gawang lawan hingga berbuah dua gol yang dicetaknya.

Kini Timnas Indonesia U-19 akan kembali beruji coba menghadapi Makedonia Utara untuk kedua kalinya hari ini, Rabu (14/10/2020) malam WIB. Shin Tae-yong yang puas melihat perkembangan timnya diyakini akan menjajal strategi baru meski tetap dengan komposisi dan formasi permainan yang sama.

Timnas Indonesia U-19 pun diharapkan bisa kembali meraih kemenangan dalam pertandingan ini. Bola.com mengulas tiga pemain Tim Garuda Muda yang bakal menjadi kunci permainan tim asuhan Shin Tae-yong dalam laga uji coba kali ini.

Video

2 dari 4 halaman

Elkan Baggott

Seperti sudah disinggung di awal, kebobolan yang dialami Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Makedonia dalam pertemuan pertama antara kedua tim terjadi bukan karena kesalahan fatal lini pertahanan Tim Garuda Muda.

Kebobolan itu terjadi karena wasit mengulang penalti yang sempat dihalau Adi Satryo, di mana dalam kesempatan kedua pemain Makedonia Utara mampu melakukannya dengan lebih baik.

Secara keseluruhan Elkan Baggott mampu mengawal lini pertahanan Tim Garuda Muda dengan sangat baik. Postur tubuh yang tinggi dan pergerakan yang kompak bersama Rizky Ridho membuat Elkan Baggott mampu menghindarkan pertahanan timnya dari ancaman yang serius.

Sejumlah upaya Makedonia Utara yang berusaha mengandalkan postur tubuh yang tinggi tidak banyak berguna ketika berhadapan dengan Elkan Baggott. Pemain muda yang baru mendapatkan debut bersama tim senior Ipswich Town itu mampu menjadi komandan pertahanan dengan baik.

Tidak hanya ketika bertahan, Elkan Baggott juga mampu memberikan bantuan ketika membangun serangan. Beberapa kali ketika situasi set-piece, Elkan Baggott berada di area pertahanan Makedonia Utara dan ketika gol pertama Jack Brown tercipta, Elkan Baggott jadi pengecoh karena lini pertahanan Makedonia Utara memberinya pengawalan lebih ketat.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman selalu menjadi andalan di setiap pertandingan yang dijalani oleh Timnas Indonesia U-19 selama berada di Kroasia. Pemain yang beroperasi di sisi kanan lini tengah dalam formasi 4-4-2 itu kerap menjadi motor serangan.

Bahkan gol pembuka kemenangan 4-1 yang diraih Timnas Indonesia U-19 atas Makedonia Utara pada laga uji coba terakhir, Minggu (11/10/2020), lahir dari kakinya setelah melakukan kerja sama dengan sangat baik dengan Braif Fatari.

Gol ke gawang Makedonia Utara itu merupakan gol ketiga Witan Sulaeman untuk Timnas Indonesia U-19 selama rangkaian uji coba di Kroasia.

Gol itu juga menjadikannya sebagai top scorer sementara Tim Garuda Muda di Kroasia, di mana kebanyakan pemain lain mencetak satu atau dua gol saja hingga sejauh ini.

Dengan kemampuannya sebagai pembangun serangan sekaligus sebagai finisher, Witan Sulaeman akan selalu menjadi andalan dari Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Jack Brown

Dua gol ke gawang Makedonia Utara dalam laga uji coba yang lalu adalah bukti Jack Brown mulai memperlihatkan insting yang baik untuk mencari celah kosong di area pertahanan lawan.

Meski gol pertamanya terasa seperti kebetulan bola jatuh di kakinya, tapi pada gol kedua memperlihatkan Jack mampu melihat celah kosong untuk membuat Bagas Kaffa mengalirkan bola kepadanya.

Dalam pertandingan tersebut, Jack Brown merupakan pemain cadangan. Ia masuk pada menit ke-20 pertandingan, di mana saat itu Braif Fatari mengalami cedera.

Namun, itulah kunci keberhasilan Shin Tae-yong melihat potensi Jack Brown untuk membawa Timnas Indonesia U-19 melangkah ke performa yang lebih baik.

Bukan tidak mungkin, performa Jack Brown yang membayar tuntas kepercayaan dari Shin Tae-yong dalam pertandingan pertama itu, akan membuat pemain berdarah Indonesia dan Inggris itu akan menjadi andalan di lini depan Tim Garuda Muda dari awal pertandingan pada laga uji coba kali ini.

Video Populer

Foto Populer