Sukses


Tanggapan PSSI Tentang Kesepakatan Lanjutan Shopee Liga 1 2020 pada 1 November

Bola.com, Yogyakarta - Klub peserta Shopee Liga 1 2020 telah menyepakati nasib kompetisi untuk dilanjutkan pada 1 November ssuai hasil pertemuan klub dengan PSSI dan PT LIB di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa (13/10/2020).

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan yang menghadiri rapat tersebut memberikan tanggapan. Secara umum, ia mengapresiasi seluruh klub, PT LIB dan yakin kompetisi bisa segera digelar pada 1 November.

"Tadi sudah diputuskan oleh teman-teman dari Liga 1 bahwa mereka menginginkan kompetisi tetap berjalan. Tentunya kami memberikan apresiasi terhadap Pak Presiden juga. Beliau sangat perhatian terhadap sepak bola Indonesia, kemudian juga dalam perkembangannya semua akan mengikuti protokol kesehatan yang ada," katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, beberapa poin yang sudah disepakati adalah kompetisi memiliki tujuan yang positif. Menghidupkan kembali gairah sepak bola Indonesia, pertumbuhan ekonomi masyarakat, hingga kepentingan Timnas Indonesia.

"Tadi sudah dibacakan dari perwakilan yang ada, oleh 18 klub yang diwakili oleh Pak Firman dari Borneo FC. Tentunya ini kesepakatan bersama, semoga ada penurunan kasus COVID-19, sehingga apa yang diinginkan oleh teman-teman terlaksana," imbuhnya.

"Semoga 1 November nanti, harapan besar dari teman-teman terwujud. Selanjutnya ke klub Liga 2. Jika Liga 1 lanjut, Liga 2 tinggal mengikuti," tutur Iwan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Soal Izin Pertandingan

Hal krusial yang masih ditunggu oleh publik sepak bola Indonesia setelah kesepakatan ini adalah perizinan. Seperti diketahui, pemerintah melalui Polri memegang peranan penting soal perizinan pertandingan di tengah pandemi COVID-19.

Ketika Shopee Liga 1 2020 akan dilanjutkan pada 1 Oktober, PSSI dan LIB menunda lagi karena pemerintah belum mengabulkan izin. Namun, Iwan Bule optimistis kompetisi bakal cerah melihat beberapa daerah telah menurunkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kami juga turut bergembira karena Jakarta sudah menurunkan PSBB, sudah dibuka tempat tempat hiburan, bahkan bioskop juga. Ini awal baik untuk kompetisi bisa berjalan kembali, dan DIY tetap menjadi tempat pertandingan bagi klub-klub yang memilih homebase di sini, karena hampir semua klub di luar Pulau Jawa memilih untuk di Yogyakarta," lanjut Iwan Bule.

"Dari awal saya sampaikan, saya memohon kepada pemerintah dan kepolisian untuk bisa memberikan izin kepada kami satu bulan ke depan yaitu 1 November. Sekarang sudah kelihatan ada penurunan kasus COVID-19, parameternya adalah Jakarta sudah dibuka dari PSBB," ujarnya.

"Pasti ini akan menjadi kajian dari pihak kepolisian, karena harapan dari sepakbola luar bias dan memang efek dari penundaan ini besar sekali baik kepada pelatih, pemain, dan seluruh stakeholder yang berkaitan dengan sepak bola, ada sponsor dan semua pihak terkait," tegas Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer