Sukses


Hormati Keputusan Pemerintah, PSSI Berharap Shopee Liga 1 dan Liga 2 Tetap Digelar

Bola.com, Yogyakarta - Para pelaku sepak bola Indonesia masih harap-harap cemas, meski telah menyepakati Shopee Liga 1 dan Liga 2 digelar pada 1 November mendatang. Persoalannya adalah restu dari pemerintah yang menjadi kunci pelaksanaan.

Seluruh perwakilan klub baik dari Shopee Liga 1 maupun Liga 2 berkumpul di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020) kemarin, untuk kembali beraudiensi dengan PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Disepakati bahwa liga tetap dilanjutkan pada November atau opsi maksimal sampai Januari. Namun, semuanya harus mengacu pada rekomendasi perizinan pertandingan dari pemerintah melalui Polri.

Pasalnya dalam waktu yang hampir bersamaan pada rapat kemarin, Polri masih belum memberikan izin keramaian hingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 awal Desember mendatang.

Termasuk kegiatan sepak bola nasional, beberapa faktor menjadi alasan Polri tak mengeluarkan izin keramaian. Mulai dari jumlah kasus positif virus corona yang masih terus meningkat, serta adanya maklumat Kapolri yang mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kompetisi Bisa Tetap Digelar

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan tanggapan perihal itu. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mewakili organisasi tertinggi sepak bola Indonesia, menghormati keputusan pemerintah, namun berharap agar kompetisi tetap mendapatkan izin.

"Kesepakatan itu (lanjutan kompetisi) adalah keinginan dari teman-teman, ya sekali lagi kami kembalikan pada pihak kepolisian. Kawan-kawan bertanya tentang kepastiannya, kalau bisa mundur sampai 1 November Alhamdulillah. Kalau tidak berarti Desember, kalau tidak ya Januari," terangnya selepas rapat bersama klub dan PT LIB di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa malam.

"Kita tahu ujungnya ada di pihak kepolisian soal izinnya, tentu kita akan menghormati. Seluruh klub berharap dari sepak bola ini, kalau tidak bisa bangkrut semua mereka," beber dia.

Iwan Bule menambahkan PSSI siap menampung berbagai aspirasi dari klub, sekaligus menjembatani persoalan kompetisi darurat saat ini. Kelanjutan kompetisi sesuai kesepakatan seluruh klub, mendapat dukungan PSSI dan berharap dapat dikabulkan oleh pemerintah.

"Tidak masalah kalau masih belum dapat izin, karena bagaimanapun perizinan dari pihak kepolisian ya kita kembalikan pada pihak Polri. Sementara klub menyampaikan aspirasi, ya harus kita tampung," jelas Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer