Sukses


Sabar Menunggu Shopee Liga 1, Gelandang Persib Fokus Berlatih dan Bisnis

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan tak mau pusing memikirkan ketidakjelasan Shopee Liga 1 2020. 

"Seperti yang selalu saya bilang, hal itu tidak ada di tangan saya atau kami. Percuma kami memikirkan, jadi lebih baik lihat sisi positifnya saja," kata Kim setelah latihan fitness di Elcavana Hotel, Jalan Pasirkaliki, Bandung, Kamis (15/10/2020).

Maka itu, Kim menegaskan tetap fokus berlatih seperti biasa bersama rekan-rekanya di dalam tim agar kondisi bugar dan tetap menjaga motivasi.

"Kami tetap bisa latihan, bisa main bola, sehingga buat saya tidak terlalu susah untuk jaga semangat, jaga motivasi karena setiap hari saya bisa lakukan hal yang saya suka, yaitu main bola. Jadi saya tidak terlalu dipikirkan atau terlalu dipermasalahkan," ungkap Kim.

Meski demikian, Kim mengaku terkadang ada rasa bosan karena selama ini hanya latihan dan latihan tanpa ada pertandingan resmi. Namun, sebagai pemain kata dia harus profesional sehingga harus tetap bersemangat berlatih.

"Ya optimal tentu enggak, tapi kami hidup dalam pandemi yang tidak biasa, jadi kami memang harus adaptasi dengan itu, dengan segala cara, dengan sebaik mungkin," ujar Kim.

Menurut Kim, selama pandemi ini memang dampaknya sangat terasa. Ia tidak bisa bergerak bebas dan melakukan hal yang biasa dilakukan termasuk menjalani kompetisi dan pekerjaan.

"Kami kan bisa dibilang pegawai di Persib dan pekerjaan agak terhambat dengan itu. Tapi saya pikir setiap sektor sama, jadi arus menerima, tidak ada pilihan lain selain berharap dan berdoa. Mudah-mudahan kembali normal dan kembali ke waktu yang lebih bagus," harap Kim.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Fokus Bisnis

Di sisi lain, Kim mengaku tetap fokus berbisnis selama kompetisi Liga 1 2020 tidak bergulir. Pemain bernomor punggung 23 di Persib melebarkan bisnisnya ke kuliner setelah barbershop dan fashion.

"Bisa dibilang untung kemarin-kemarin sudah mulai menjalani bisnis dan sekarang juga tengah mempersiapkan bisnis baru yaitu kuliner," jelas Kim

"Selain itu, saya juga menunggu istri lagi hamil, nunggu kelahiran. Jadi sebaik mungkin dalam situasi sulit ini, saya mengalihkan fokus ke hal penting yang lain, yang ada di hidup saya," kata Kim.

Video Populer

Foto Populer