Sukses


Presiden Madura United Meluncurkan Buku Memoar Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan orang untuk mengisahkan perjalanan hidup dalam dunia sepak bola. Contohnya adalah dengan menulis buku memoar sepak bola, seperti yang dilakukan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

Buku berjudul 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool ditulis khusus oleh Achsanul Qosasi. Buku setebal 120 halaman itu menceritakan perjalanan hidup Achsanul dalam dunia sepak bola mulai dari klub kecil hingga memiliki Madura United.

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola. Secara detail disampaikan dengan dukungan foto-foto," kata Achsanul Qosasi dalam rilis yang diterima Bola.com, Kamis (15/10/2020).

Kecintaan Achsanul Qosasi terhadap sepak bola tak perlu diragukan lagi. Dia tak ragu menyebut sepak bola adalah istri kedua dalam hidupnya. "Gue bisa gila kali kalau tidak mengurus sepak bola," ucap Achsanul Qosasi.

Perjalanan Achsanul Qosasi di dunia sepak bola berawal dari mengurus klub kecil bernama PS Merpati. Kemudian Achsanul mengurus PSJS Jakarta Selatan hingga menjadi Asosiasi Provinsi (Asprov) DKI Jakarta.

Achsanul Qosasi kemudian menjadi petinggi di PSSI hingga memiliki klub profesional bernama Madura United. Bersama Achsanul Qosasi, Madura United berkembang menjadi klub profesional yang setiap tahunnya dihuni pemain berkualitas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Football Family

Kecintaan terhadap sepak bola ternyata diwariskan Achsanul Qosasi kepada sang putri, Anissa Dzafarina. Bahkan, saat ini sang putri menduduki jabatan strategis di Madura United.

Anissa Dzafarina baru saja lulus dari UEFA Certificate Course. Saat ini, Anissa menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Madura United.

"Sampai tidak sadar. Buku ini juga menyebut kami adalah football family," ucap Achsanul Qosasi.

Buku juga didukung sederet testimoni dari pemain, pelatih, dan tokoh sepak bola. Contohnya adalah Greg Nwokolo, Haruna Sumitro, Slamet Nurcahyono, Zia Ulhaq, hingga pelatih Rahmad Darmawan.

Video Populer

Foto Populer