5 Andalan Timnas Indonesia U-19 yang Potensinya Bakal Terdampak Penundaan Shopee Liga 1 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 17 Okt 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 17 Okt 2020, 08:30 WIB
Pratama Arhan, David Maulana dan Irfan Jauhari
Pratama Arhan, David Maulana dan Irfan Jauhari. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia U-19 menunjukkan perkembangan pesat dalam pemusatan latihan di Kroasia. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik buat klub Shopee Liga 1 2020 yang memiliki perwakilan pemain dalam skuat asuhan Shin Tae-yong itu.

Dalam 30 pemain yang diboyong ke Kroasia untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, hanya tiga nama yang belum memiliki klub. Mereka adalah Ahmad Rusadi, Andre Oktaviansyah, dan Brylian Aldama.

Sisanya merupakan pemain dari klub Shopee Liga 1 2020, Liga 2 2020, dan luar negeri. Perkembangan pemain Timnas U-19 tentu saja menjadi kabar baik untuk kompetisi sepak bola Indonesia.

Kehadiran mereka bakal menambah menarik kompetisi karena meramaikan proses regenerasi sepak bola Indonesia. Apalagi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah sepakat untuk mendukung pengalaman mereka dalam berkompetisi melalui regulasi.

Nantinya, semua klub Shopee Liga 1 2020 wajib memasukkan para pemain U-20 ke dalam daftar susunan pemain. Hal ini dimaksudkan agar kesempatan bermain yang dimiliki pemain U-19 terbuka lebar.

Para pemain Timnas U-19 bisa menjadikan Shopee Liga 1 2020 sebagai tempat mendapatkan pengalaman berkompetisi. Langkah itu bisa bermanfaat agar Timnas U-19 bisa bersaing pada ajang Piala Dunia U-20 2021.

Namun, bakat besar yang telah dimiliki para pemain Timnas U-19 terancam sia-sia. Apalagi sampai saat ini nasib kompetisi elite Indonesia itu masih mengambang.

Meskipun dipastikan tetap berlanjut, namun PSSI dan PT LIB belum bisa memastikan jadwal kick-off. Lantas, siapa saja pemain andalan Timnas Indonesia U-19 yang bakal terdampak penundaan Shopee Liga 1 2020?

2 dari 7 halaman

Pratama Arhan

Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan.
Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan. (PSSI)

Pratama Arhan merupakan bek kiri andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Pemain berusia 18 tahun itu selalu menjadi starter berkat kontribusinya.

Meskipun sebagai bek, Pratama Arhan kerap membantu serangan hingga mengirimkan assist. Selama pemusatan latihan di Kroasia, Pratama Arhan dikenal dengan lemparan ke dalam yang jauh dan beberapa kali dimaksimalkan menjadi gol oleh rekannya.

Kehadiran Pratama Arhan di Shopee Liga 1 2020 tentu bakal membuatnya makin berkembang. Adapun buat PSIS Semarang, Pratama Arhan bisa menjadi tambahan amunisi dalam mengarungi kompetisi.

3 dari 7 halaman

Bagas Kaffa

Amiruddin Bagas
Bek Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagas, menggiring bola saat melawan Kabomania U-17 pada laga uji coba di Stadion Atang Sutresna, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017). Timnas U-16 menang 6-1 atas Kabomania U-17. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bagas Kaffa awalnya lebih sering duduk di bangku cadangan pada pemusatan latihan di Kroasia. Namun, dalam beberapa laga terakhir Bagas Kaffa berhasil menempati skuat inti Timnas Indonesia U-19.

Kepercayaan pelatih Shin Tae-yong tumbuh seiring penampilan apik yang diberikan Bagas Kaffa di posisi bek kanan.

Bagas Kaffa juga kerap membantu serangan dengan maju ke depan, tapi tak melupakan tugasnya di lini belakang. Bagas Kaffa saat ini bermain di Barito Putera dan kualitasnya bakal meningkat dengan tempaan berkompetisi di Shopee Liga 1 2020.

4 dari 7 halaman

Mochammad Supriadi

Mochammad Supriadi
Pemain muda Persebaya, Mochammad Supriadi. (Bola.com/Aditya Wany)

Mochammad Supriadi merupakan gelandang sayap yang menjadi andalan di Timnas Indonesia U-19. Mochammad Supriadi dikenal sebagai pemain yang lincah dengan akurasi umpan yang baik.

Pelatih Shin Tae-yong beberapa kali memberikan kepercayaan kepada Mochammad Supriadi untuk mengisi sayap kiri. Kesempatan itu tak pernah disia-siakan oleh pemain asal Surabaya itu dengan penampilan gemilang.

Mochammad Supriadi saat ini bermain di Persebaya Surabaya dan sudah tampil dua kali di Liga 1. Pengalaman berkompetisi di Shopee Liga 1 2020 tentu saja bakal menambah kematangan pemain berusia 18 tahun itu.

5 dari 7 halaman

David Maulana

Timnas indonesia U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19, David Maulana, menggiring bola saat latihan di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (30/9). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-19 di Vietnam. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

David Maulana merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia U-19. David Maulana bisa dikatakan sebagai gelandang yang komplet.

Pemain berusia 18 tahun itu bisa mengatur ritme permainan dan serangan di lini tengah. Selain itu, David Maulana juga kerap membantu serangan dengan mengirimkan umpan matang dan mencetak gol.

Ini tentu saja menjadi keuntungan buat Barito Putera sebagai klub pemilik David Maulana. Kehadirannya bisa menjadi alternatif tambahan di lini tengah buat klub berjulukan Laskar Antasari itu.

6 dari 7 halaman

Saddam Gaffar

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar, ketika melawan Qatar U-19, Minggu (20/9/2020).
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar, ketika melawan Qatar U-19, Minggu (20/9/2020). (PSSI).

Saddam Emiruddin Gaffar merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Saddam berperan sebagai penyerang dan kerap dipercaya tampil di lini depan Timnas U-19.

Saddam sejauh ini sudah mencetak dua gol di Kroasia. Saddam berpeluang menjadi aset masa depan buat PSS Sleman.

Penampilannya tentu bakal berkembang jika mendapatkan pengalaman berkompetisi di Shopee Liga 1 2020. Menarik untuk menyaksikan kiprah pemain berpostur 183 cm itu bersama klub berjulukan Super Elang Jawa itu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓