Sukses


Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Urung Terlaksana, Target Arema FC untuk Go Asia pada Musim Depan Bisa Melayang

Bola.com, Malang - Belum bergulirnya lanjutan Shopee Liga 1 2020 hingga saat ini berdampak terhadap banyak hal, termasuk penentuan wakil Indonesia di kancah Asia, yaitu di Piala AFC 2021. Arema FC yang memiliki target menjadi perwakilan Indonesia di level Asia pada musim depan pun terancam tidak bisa menuntaskan targetnya.

Biasanya PSSI akan mendaftarkan perwakilannya yang menjadi juara dan runner-up Liga 1 setelah kompetisi berakhir di penghujung tahun. Namun, kali ini kompetisi dipastikan bakal molor hingga setidaknya melewati tiga bulan pertama tahun depan.

Arema FC mengusung target Go Asia untuk musim depan. Mereka ingin menjadi wakil Indonesia di Piala AFC seperti yang pernah mereka lakukan pada musim 2014.

Namun, harapan tersebut sepertinya sulit terwujud. Ada opsi jika kompetisi belum rampung saat batas akhir pendaftaran tim ke Piala AFC, jatahnya diberikan kepada wakil yang seharusnya tampil pada Piala AFC 2020, yakni PSM Makassar dan Bali United.

Potensi PSM dan Bali United menjadi perwakilan Indonesia sangat besar karena kebetulan kedua tim tidak tuntas berkiprah di Piala AFC 2020 yang terpaksa dihentikan lebih awal karena pandemi COVID-19.

"Ada opsi wakil di Piala AFC musim depan diberikan kepada tim yang berkiprah di Asia tahun ini. Tapi, tunggu saja keputusan PSSI. Kalau ditentukan seperti itu tidak masalah. Jika dipilih tim yang lolos verifikasi juga bisa. Kami ikut saja," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Video

2 dari 2 halaman

Hanya Indonesia yang Belum Kembali Berkompetisi?

Untuk tampil di kancah Asia, hampir semua negara sudah menjalankan kembali kompetisinya. Negara tetangga Indonesia, Malaysia, bahkan menyisakan satu laga terakhir pada 31 Oktober mendatang.

Pelatih Arema FC, Carlos Oliveira, sebenarnya ingin merealisasikan target membawa Arema FC ke pentas Asia pada musim depan.

"Saya tahu target tim ini bermain di Asia pada musim depan. Tapi, sekarang Indonesia mungkin menjadi satu-satunya negara yang belum melanjutkan kompetisinya," ujar pelatih asal Brasil itu.

Sebenarnya, di tengah pandemi virus corona, belum ada informasi dari AFC mengenai batas waktu federasi mendaftarkan perwakilannya di kompetisi Asia. Kemungkinan besar akan ada sejumlah penyesuaian karena pandemi virus corona, mengingat beberapa negara di Asia sampai saat ini belum bisa mengendalikan penyebaran virus ini, termasuk Indonesia.

Video Populer

Foto Populer