Sukses


Ragam Kegiatan The Maczman Saat Liga 1 2020 Terhenti: Dari Aksi Sosial Sampai Gelar Turnamen Futsal di Makassar

Bola.com, Makassar - Terhentinya Shopee Liga 1 2020 tak hanya berdampak kepada klub dan pemain, tapi juga suporter. Seperti yang dirasakan The Maczman, kelompok suporter PSM yang kreatif dan terbesar di Makassar.

Mereka tak lagi bisa berekspresi saat mendukung Juku Eja baik di kandang maupun tandang. Situasi ini juga mempengaruhi penjualan jersey dan merchandise PSM di Supersubs, outlet suporter yang dikelola Andi Muh. Faizal, jenderal lapangan The Maczman.

Kepada Bola.com, Senin (19/10/2020), Ichal Ozil, sapaan sang jenderal lapangan, mengungkapkan sejak kompetisi terhenti minat para anggota The Maczman membeli produknya juga menurun tajam.

"Syukur kalau dalam sehari ada merchandise atau jersey yang terjual," ujar Ichal Ozil.

Dalam situasi sulit seperti saat ini, kreativitas para pentolan The Maczman tak ikutan surut. Menurut Ichal, ia bersama pengurus sejumlah sektor tetap melakukan kegiatan, di antaranya aksi peduli sosial terhadap sesama setiap Jumat.

"Selain membantu sesama yang kekurangan, kegiatan seperti ini sekaligus menjadi ajang silaturahim para anggota," terang Ichal Ozil.

Secara reguler, setiap sektor atau zona mengadakan pertemuan dengan anggotanya secara rutin. Selain membahas sejumlah agenda mingguan, mereka tentu juga membicarakan nasib PSM dan kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

"Kami berharap semoga Shopee Liga 1 2020 cepat bergulir. Meski hanya bisa mendukung lewat layar kaca, bagi kami itu sudah cukup untuk menghapus rindu menyaksikan tim kesayangan berlaga," kata Ichal Ozil.

Video

2 dari 2 halaman

Turnamen Futsal

Kegiatan terbaru yang dilakukan Ichal Ozil dan rekan-rekannya adalah menggelar turnamen futsal yang melibatkan tim-tim terbaik di Sulawesi Selatan pada 17-18 Oktober.

"Meski digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, turnamen ini disambut antusias oleh komunitas suporter di Makassar. Kebetulan yang tampil adalah pemain futsal papan atas di Makassar," ujarnya.

Tak hanya dengan sesama anggota The Maczman, mereka pun kerap berkolaborasi dengan kelompok suporter lainnya, di antaranya rutin berlatih sepak bola bersama di Stadion Andi Mattalatta Matttoangin dan Lapangan Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong Makassar.

"Selain sesama suporter, latihan ini juga kerap dihadiri oleh mantan pemain PSM. Malah ada juga yang masih aktif, seperti Zulkifli Syukur, Asnawi Mangkualam, dan lain-lain," kata Ichal.

Dengan berbagai kegiatan di atas, Ichal Ozil selaku jenderal lapangan berharap motivasi para anggota tetap terjaga.

"Tentunya, sekali lagi kami berharap adanya kejelasan kompetisi. Kalau memang Shopee Liga 1 2020 dinilai tak bisa dilanjutkan, kami juga bisa terima. Yang penting, Liga 1 musim berikutnya bisa digelar dan mendapat kepastian izin dari kepolisian," pungkas Ichal Ozil.

Video Populer

Foto Populer