Sukses


Pelatih Persib Belum Pikirkan Skenario Terburuk soal Nasib Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts tetap optimistis restart Shopee Liga 1 2020 akan digulirkan, walaupun hingga saat ini PSSI dan PT LIB selaku operator belum mendapat lampu hijau dari pihak keamanan.

Robert mengaku belum berpikir skenario terburuk kemungkinan ditiadakannya Liga 1 2020.

"Kami tidak memikirkan itu karena kami masih percaya, apapun formatnya, kompetisi akan dimulai lagi pada 2020 karena semua kabar yang kami terima," kata Robert Alberts usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (19/10/2020).

Robert menegaskan, restart Liga 1 2020 kemungkinan besar akan bergulir usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2020.

"Indikasi terkuat untuk saat ini adalah setelah Pilkada. Polisi akan memberikan izin soal penyelenggaraan liga atau turnamen pada Januari atau Februari, dan mungkin saja hingga Maret. Jadi kami fokus untuk itu saat ini," tutur Robert.

Jika benar bergulir, Robert berharap protokol kesehatan benar-benar diterapkan oleh semua klub dengan ketat lantaran COVID-19 ini masih menghantui seperti halnya beberapa pemain di luar negeri yang pernah terpapar virus, sebagai contoh Zlatan Ibrahimovic, Christiano Ronaldo, dan Paul Pogba.

Pemain Persib pun pernah ada yang terpapar, yakni Wander Luiz. Setelah itu, Persib mengambil pelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya pikir di seluruh dunia sudah mempelajari bahwa COVID adalah kenyataan, lalu kami mengikuti instruksi menjaga kesehatan dan keselamatan sebisa mungkin. COVID juga tetap ada di sekitar kami layaknya penyakit lainnya, seperti malaria, demam berdarah yang juga mematikan," kata Robert.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kondisi Indonesia Berbeda

Menurut Robert, dunia lama-lama akan terbiasa hidup dengan virus.

"Dan ini adalah sesuatu yang harus bisa diterima untuk hidup bersama. Karena orang-orang juga saat ini masih belum tahu cara paling efektif dalam memerangi COVID-19," tambah Robert.

Maka itu, penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan disiplin sambil menunggu ilmuwan melakukan percobaan vaksin

"PSSI dan LIB sudah menyetujui liga boleh dilanjutkan, tapi pihak otoritas lain membatalkannya. Kalian tidak akan melihat ini di negara lain, ini berbeda. Jika liga berjalan, polisi yang harus mengikuti instruksi. Tapi di sini berbeda dan struktur politiknya berbeda. Jadi kami harus menerimanya karena ini budaya di negara ini," ungkap Robert mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer