Sukses


Shopee Liga 1 2020 Belum Jelas, Gelandang Bali United Muhammad Taufik Sarankan Semua Pemain Punya Usaha Sampingan

Bola.com, Bali - Gelandang Bali United, Muhammad Taufik memastikan semua pemain profesional yang saat ini masih aktif sebagai pemain sepak bola harus segera memikirkan masa depannya.

Agar tetap punya penghasilan selepas karier bermain selesai, menurutnya setiap pemain harus segera merintis usaha pada bidang lain.

Apa yang disampaikan Muhammad Taufik itu tak terlepas dari kondisi saat ini, di mana kompetisi Shopee Liga 1 tempat mencari nafkah para pemain juga belum jelas kapan akan berjalan. 

"Sebagai pemain tentu kita harus mempunyai usaha sampingan. Karena kita sebagai pemain, pesepak bola itu ada masanya. Pastinya kita harus menyiapkan sedini mungkin untuk masa tua kita bersama keluarga. Itu harus kita pikirkan benar-benar," kata M.Taufik kepada Bola.com, Selasa (20/10/2020).

"Kita tahu sendiri, dalam keadaan seperti ini, Liga 1 terhenti, pastinya sangat berimbas dengan kondisi ekonomi. Pengaruh juga sebagai pekerja di lapangan sebagai pesepak bola. Jadi, perlu kita memikirkan usaha lain untuk masa tua kita," tambahnya.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Hidupkan Usaha

 

Muhammad Taufik pemain yang pernah membela Persib ini pun saat ini sedang berancang-ancang menghidupkan kembali usahanya yang sudah sejak lama ditinggal. Saat bermain di Persib, Taufik membuka usaha busana yang dijalankan istrinya.

"Dulu saat bermain di Persib, saya punya usaha baju di Bandung. Tapi, karena saya pindah ke Bali, jadi vakum dulu. Nah, sekarang sudah terpikirkan kembali untuk membuka usaha yang sama untuk masa depan," pemain kelahiran Tarakan itu mengakhiri pembicaraan.

Dengan tidak normalnya Shopee Liga 1 2020, maka sudah dipastikan pendapatan para pemain termasuk dari gaji berkurang drastis.

Lanjutan Liga 1 sendiri sedianya dimulai pada awal Oktober, tapi urung terlaksana karena persoalan izin penyelengaraan dari pihak berwenang.

PSSI pun merubah jadwal menjadi awal November, namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi, apakah PSSI sudah mengantongi izin atau belum.

Video Populer

Foto Populer