Sukses


Ikut Kursus Kepelatihan C AFC, Kiper Persib Berharap Dapat Ilmu Bermanfaat

Bola.com, Bandung - Kiper Persib Bandung, Muhamad Deden Natshir, memanfaatkan waktu luang karena kompetisi Shopee Liga 1 2020 belum bergulir untuk mengikuti kursus kepelatihan Lisensi C AFC. Rencananya kursus tersebut yang digelar selama 10 hari di Bali.

Deden Natshir masuk dalam prioritas PSSI mengikuti kursus tersebut karena sering membela Timnas Indonesia. Selain kiper Persib Bandung berusia 27 tahun itu, para pemain yang pernah membela Timnas Indonesia juga mengikuti kursus kepelatihan tersebut seperti Aditya Putra Dewa (Persikabo), Boaz Solossa (Persipura), Achmad Jufriyanto (Bhayangkara FC), dan Rizky Pora (Barito Putera).

"Pertama, ini kesempatan yang langka, apalagi kompetisi belum digelar dan kebetulan hampir semua peserta adalah pemain sepak bola yang masih aktif di Liga 1 dan Liga 2," kata Deden Natshir kepada Bola.com, Rabu (21/10/2020).

"Ini kesempatan yang luar biasa, apalagi banyak senior dan teman-teman. Itu yang membuat saya tertarik mengikuti kursus kepelatihan lisensi C. Mudah-mudahan bisa menjadi bekal untuk masa depan," tambahnya.

Meski berharap bisa menjadi bekal masa depan, Deden Natshir mengaku belum memikirkan rencana berkarier sebagai pelatih pada masa depan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Terbuka Ambil Lisensi Pelatih Level Lebih Tinggi

Yang pasti, kata pemain asal Soreang Kabupaten Bandung ini, jika sudah mengantongi lisensi C, maka ke depannya terbuka peluang mendapatkan lisensi yang lebih timggi lagi yakni B AFC dan A AFC.

Jika seseorang sudah mendapatkan lisensi B AFC maka sudah bisa melatih klub-klub Liga 2.

"Mudah mudahan dapat ilmu yang bermanfaat dan berkah. NAmun ke depannya saya belum tahu seperti apa. Yang jelas, jadi pelatih atau tidaknya, kami sudah punya kesempatan punya lisesi lanjutan kedepannya (B AFC, A AFC)," ujar Deden.

Video Populer

Foto Populer