Sukses


10 Penyerang Indonesia Termahal: Osvaldo Haay Nomor 1, Irfan Bachdim 10

Bola.com, Jakarta - Situs penyedia data statistik, Transfermarkt, kerap menjadi rujukan untuk mengukur seorang pesepak bola. Mulai dari catatan penampilan, total gol hingga nilai pasarnya. Laman asal Jerman itu juga merangkum data-data Shopee Liga 1.

Market value atau nilai pasar menjadi komponen paling diandalkan oleh Transfermarkt. Harga seorang pesepak bola di bursa transfer bisa merujuk dari fitur tersebut.

Transfermarkt juga cukup lengkap menghadirkan statistik Shopee Liga 1. Rincian pertandingan ada, daftar pencetak gol tercantum sampai nilai pasar tertinggi pemain tersedia.

Khusus untuk market value penyerang lokal, Transfermarkt mendapuk Osvaldo Haay sebagai yang termahal. Winger Persija Jakarta itu dihargai 300 ribu euro atau setara dengan Rp5,2 miliar.

Angka tersebut cukup layak disematkan kepada Osvaldo Haay. Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, pemain kelahiran Jayapura, Papua itu cukup produktif untuk seorang penyerang sayap.

Osvaldo Haay adalah top scorer SEA Games 2019 bersama dengan pemain Vietnam, Ha Duc Chinh. Sejak 2017, eks Persipura Jayapura ini mengumpulkan 23 gol dari 65 penampilan.

Video

2 dari 6 halaman

Ilija Spasojevic - Rp5,2 Miliar

Transfermarkt menghargai Ilija Spasojevic sama dengan Osvaldo Haay. Harga pasar dari pemain naturalisasi kelahiran Montenegro itu mencapai 300 ribu euro (Rp5,2 miliar).

Spaso, panggilannya, telah membuktikan nilai tersebut dalam tiga tahun terakhir. Penyerang Bali United itu mampu meraih dua trofi juara Liga 1 dan mencetak total 38 gol dari 76 pertandingan.

3 dari 6 halaman

Boaz Solossa - Rp4,7 Miliar

Usianya boleh telah menginjak 34 tahun. Masa keemasannya sebagai bomber dengan insting membunuh pun telah lewat. Namun, nilai pasar Boaz Solossa masih mahal versi Transfermarkt.

Transfermarkt menaksir market value Boaz berada di angka 275 ribu euro (Rp4,7 miliar). Nilai yang sebanding dengan pengalamannya dan kontribusinya untuk Persipura Jayapura selama ini.

Boaz telah tiga kali mengantar Persipura menjuarai Liga Indonesia. Tiga kali pula adik dari Ortizan Solossa ini didapuk sebagai pemain terbaik dan top scorer kompetisi.

Kurun waktu empat musim terakhir, Boaz masih tokcer untuk Persipura. Mantan kapten Timnas Indonesia itu mampu menghasilkan 31 gol dari 83 penampilan di Liga 1.

4 dari 6 halaman

Lerby Eliandry - Rp4,7 Miliar

Transfermarkt terlalu mahal dalam mengira-ngira nilai pasar Lerby Eliandry. Penyerang Bali United itu dihargai sama dengan Boaz yaitu 275 ribu euro (Rp4,7 miliar).

Mengacu statistik, Lerby tidak jelek-jelek amat. Pemain berusia 29 tahun itu masih mampu menghasilkan 39 gol dari 88 laga.

Namun, Lerby kerap inkonsisten. Pemain kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur itu banyak menghabiskan kariernya dengan tim non-favorit juara. Dia juga masih susah menembus Timnas Indonesia.

5 dari 6 halaman

Irfan Jaya - Rp4,7 Miliar

Harga pasar Irfan Jaya ditaksir mencapai 275 ribu euro (Rp4,7 miliar) di Transfermarkt. Banderol tersebut terlalu tinggi untuknya.

Saat ini, Irfan Jaya belum menjadi apa-apa dan belum memberikan apa-apa kepada Persebaya Surabaya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Secara statistik, winger berusia 24 tahun itu juga baru mengukir 14 gol dalam tiga musim terakhir.

6 dari 6 halaman

Termahal Keenam Sampai Kesepuluh

6. Dedik Setiawan - 250 Ribu Euro (Rp4,3 Miliar)

7. Dendi Santoso - 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

8. Hari Nur Yulianto - 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

9. Dendi Santoso - 225 Ribu Euro (Rp3,9 Miliar)

10. Irfan Bachdim - 175 Ribu Euro (Rp3 Miliar)

Video Populer

Foto Populer