Sukses


Ketua PSSI Desak Kepolisian Izinkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 demi Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, kembali mengetuk hati pihak kepolisian. Pria yang karib dipanggil Iwan Bule tak bosan-bosannya meminta Polri untuk mengizinkan kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

"Saya berharap pemerintah dan pihak kepolisian, mengizinkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk bergulir," kata Iwan Bule pada webinar Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Tujuan paling penting untuk meneruskan Shopee Liga 1 dan Liga 2, kata Iwan Bule, adalah demi menunjang Timnas Indonesia U-19. Setelah kembali dari Kroasia, para pemain akan dikembalikan ke klub untuk berkompetisi.

Hanya saja, niat PSSI itu bertepuk sebelah tangan. Kepolisian tidak kunjung menerbitkan rekomendasi keamanan untuk Shopee Liga 1 dan Liga 2.

Para pemain Timnas Indonesia U-19 terancam tidak dapat merasakan atmosfer kompetisi untuk menambah jam terbang jelang Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Kami berharap kompetisi musim ini masih bisa dilanjutkan dengan segala alternatif yang kami punya. Bisa November 2020, Desember 2020, dan Januari 2021. Karena ini penting bagi Timnas Indonesia U-19," imbuh Iwan Bule.

PSSI akan menunggu izin kepolisian hingga tahun depan. Jika Polri berubah pikiran, Shopee Liga 1 dan Liga 2 dapat kembali dilanjutkan paling lama pada Januari 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Penting untuk Timnas Indonesia U-19

Iwan Bule khawatir jika tidak berkompetisi, para pemain Timnas Indonesia U-19 akan mengalami penurunan performa. Sehingga, pemusatan latihan yang digelar di Kroasia selama dua bulan bakal terasa sia-sia.

"Sebanyak 70 persen dari pemain Timnas Indonesia U-19 bermain di Shopee Liga 1 dan Liga 2. Kami berharap kompetisi bisa bergulir kembali. Sehingga performa para pemain yang sudah dibangun di Kroasia tidak turun," jelas Iwan Bule.

"Pelatih Shin Tae-yong punya program check in dan check out. Artinya, ketika selesai pemusatan latihan, pemain akan dikembalikan ke klub untuk berkompetisi. Pasti akan ada peningkatan ritme permainan. Setiap klub ada 3 atau 4 pemain asing. Dengan begitu, performa para pemain dapat tetap terjaga. Kami mohon diizinkan untuk memutar kompetisi," tutur Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer