Sukses


Jika Bukan karena Piala Dunia U-20, Tak Masalah Shopee Liga 1 2020 Dibatalkan

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, masih berharap Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini dapat dilanjutkan. Demi Piala Dunia U-20 2021, kompetisi begitu penting untuk digulirkan.

"Kami berharapĀ Shopee Liga 1 dan Liga 2 bisa bergulir kembali. Karena sekali lagi, ini untuk Timnas Indonesia U-19. Kalau tidak ada Piala Dunia U-20 2021, mungkin tidak terlalu masalah," kata Iwan Bule pada webinar Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Timnas Indonesia U-19 baru saja menuntaskan pemusatan latihan selama dua bulan di Kroasia. David Maulana dkk. dalam perjalanan pulang ke Tanah Air dan dijadwalkan tiba pada Selasa (27/10/2020) sore WIB.

Sesampainya di Jakarta nanti, PSSI akan membubarkan Timnas Indonesia U-19. Skuat Garuda Muda, julukannya, bakalĀ kembali ke klub masing-masing selama kurang lebih satu bulan. Harapan semula para pemain dapat mencicipi aroma Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk menjaga dan meningkatkan performa dan mencapai klimaksnya di Piala Dunia U-20 2021.

Apa daya keinginan PSSI itu belum dapat terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, izin untuk menggelar Shopee Liga 1 dan Liga 2 masih mentok di pihak kepolisian.

PSSI juga sudah merancang regulasi kompetisi, terutama untuk Shopee Liga 1, yang mengakomodasi para pemain Timnas Indonesia U-19. Setiap klub diwajibkan membawa minimal dua pemain dalam setiap pertandingan.

"Kami saat ini sedang mengejar target Timnas Indonesia U-19 harus maksimal di Piala Dunia U-20 2021. Ini waktunya menunjukkan ke dunia luar bahwa Indonesia bisa," imbuh Iwan Bule.

Video

2 dari 2 halaman

Terpaksa Berlatih Virtual

Karena tak ada kompetisi, pelatih Shin Tae-yong terpaksa mengubah program kerjanya. Para pemain Timnas Indonesia U-19 diminta berlatih secara mandiri selama sebulan ke depan.

"Untuk sementara, setelah kembali dari Kroasia, skuat Timnas Indonesia U-19 akan berlatih secara virtual," tutur Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-19 akan kembali berkumpul pada Desember 2020. PSSI tengah mencari alternatif lokasi pemusatan latihan setelah rencana ke Prancis kemungkinan dibatalkan karena Turnamen Toulon gagal digelar. Belanda dan Jepang tengah dipertimbangkan sebagai pengganti.

Video Populer

Foto Populer