Sukses


Shin Tae-yong Observasi 30 Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-19, 9 Nama Diajukan ke PSSI

Bola.com, Jakarta - PSSI mendengarkan saran dari berbagai pihak, termasuk suara warganet di media sosial dan media massa terkait pemain keturunan Indonesia. Ternyata, sempat ada 30 nama pesepak bola berdarah Indonesia yang dipertimbangkan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Dari ke-30 pemain itu, kemudian mengerucut menjadi tujuh nama versi Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Namun, jumlah itu diralat oleh pelatih Shin Tae-yong.

Dia menyebut, sempat ada sembilan pemain keturunan yang akan dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

"Terkait pemain naturalisasi, seperti yang beredar di media, kami mendengar itu semua. Karena memang Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan, semua informasi harus diserap. Baik itu informasi dari masyarakat atau media," ujar Indra Sjafri di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Ada 30 pemain yang kami lihat. Bagaimana cara melihatnya? Satu, kami lihat Curriculum Vitae-nya. Lalu kami teruskan ke bagian legal di PSSI. Apakah secara Undang-Undang sudah oke dan secara Statuta FIFA juga memungkinkan."

"Lalu, kami lihat cuplikan penampilannya dan berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Lalu muncul tujuh nama. Dari tujuh nama itu, kami lempar ke Ketua PSSI. Kemudian Ketua PSSI memberikan sinyal, silakan melakukan pendekatan," imbuh Indra Sjafri.

Saat ini, sudah ada empat pemain keturunan di skuad Timnas Indonesia U-19. Dua di antaranya adalah Jack Brown dan Elkan Baggott. Nama pertama lahir di Jakarta dari ibu Indonesia dan ayah Inggris. Nama kedua lahir di Bangkok, Thailand, hasil dari perkawinan dari ibu Indonesia dan ayah Inggris.

Video

2 dari 2 halaman

2 Pemain Sudah Datang

Lalu, dari tujuh pemain, yang belakangan diklarifikasi Shin Tae-yong menjadi sembilan nama ini, baru dua yang bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Keduanya adalah kakak beradik Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa. Noah dan Luah adalah pemain blasteran Jerman-Indonesia.

"Dari tujuh nama itu, dua datang dari Jerman. Secara kualitas, biar Shin Tae-yong yang menjelaskan. Apakah kembali terpilih atau tidak ke skuad Timnas Indonesia U-19," tutur Indra Sjafri.

Tidak lama setelah pernyataan Indra Sjafri, Shin Tae-yong meluruskan bahwa ada sembilan pemain keturunan yang diajukan kepada PSSI.

"Ada salah informasi juga. Tadi dibilang tujuh pemain, tapi sebenarnya ada sembilan pemain dan sudah dibicarakan ke PSSI. Dari sembilan pemain, dua pemain sudah dicek kemampuannya di Kroasia. Sisanya masih belum, karena kejelasan pemusatan latihan berikutnya masih belum ada," terang Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer