Sukses


Shin Tae-yong Tutup Peluang Timnas Indonesia U-19 Gelar Pemusatan Latihan di Australia dan Jepang

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menutup peluang untuk membawa pemainnya menggelar pemusatan latihan di Australia dan Jepang. Hal itu dikarenakan kedua negara tersebut memiliki aturan ketat selama pandemi COVID-19.

Australia dan Jepang awalnya didapuk sebagai calon tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya. Namun, situasi kedua negara yang masih berjuang dengan COVID-19 punya aturan ketat untuk membatasi orang asing masuk.

"Melakukan pemusatan latihan ke Australia, Jepang, dan Korea Selatan memang pernah dibicarakan. Jadi, sebenarnya sudah banyak pertimbangan," kata Shin Tae-yong.

"Kalau ke Australia atau Jepang tidak bisa karena COVID-19. Kalau ke Korea Selatan juga harus karantina selama dua pekan. Jadi, tentunya pemusatan latihan berikutnya harus didiskusikan lagi dengan PSSI," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Dengan demikian, tersisa Belanda yang dianggap sebagai negara paling ideal untuk Timnas Indonesia U-19. Di sana nantinya Shin Tae-yong juga bisa memantau pemain keturunan untuk kebutuhan tim.

"Misalnya rencana A ke Belanda, maka semaksimal mungkin kami akan melihat pemain. Jadi, sudah ada pembicaraan TC di Australia, namun tidak bisa terlaksana," ujar Shin Tae-yong.

Rombongan pemain Timnas Indonesia U-19 sudah tiba di Tanah Air pada Selasa (27/10/2020). Para pemain mendapatkan waktu liburan dan kembali akan berkumpul pada pertengahan November mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Prioritaskan Belanda

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut saat ini sedang melakukan pendekatan dengan Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) terkait rencana Timnas Indonesia U-19 untuk melakukan pemusatan latihan di sana. Menurut Iriawan, Belanda adalah negara ideal untuk perkembangan tim.

"Yang jelas sedang dijajaki. Kalau bisa ke Belanda lebih bagus. Kami perlu korespondensi dulu dan harus ada izin dari KNVB dan pemerintah di sana," tegas Iriawan.

Awalnya, Timnas Indonesia U-19 ingin menggelar pemusatan latihan di Prancis sekaligus mengikuti Toulon Tournament 2020. Namun, rencana itu batal seiring ditundanya event karena COVID-19.

Video Populer

Foto Populer