Penilaian Shin Tae-yong terhadap Mahesa Bersaudara di Timnas Indonesia U-19: Kakaknya Bagus, Adiknya Kurang

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 28 Okt 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 28 Okt 2020, 19:45 WIB
Luah Fynn Jeremy dan Kelana Noah Mahesa
Luah Fynn Jeremy dan Kelana Noah Mahesa. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mencoba memberikan penilaian terhadap dua pemain keturunan timnya, Kelana Noah Mahesa dan Luah Flynn Jeremy Mahesa. Arsitek asal Korea Selatan itu mengaku puas dengan penampilan satu di antaranya.

Kelana dan Luah adalah kakak beradik. Kelana, sang kakak, setahun lebih tua dibandingkan Luah. Keduanya blasteran Indonesia dan Jerman. Posisi keduanya sama, mahir bermain sebagai gelandang.

Keduanya bergabung di pengujung pemusatan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Shin Tae-yong memainkan Kelana dan Luah ketika timnya menghajar Hajduk Split U-19 4-0 pada 20 Oktober 2020.

Kala itu, Kelana bermain sebagai starter, sedangkan Luah masuk di babak kedua. "Kedua pemain ini bersaudara. Saya senang dengan penampilan kakaknya, Kelana," kata Shin Tae-yong.

"Untuk adiknya, Luah, masih kurang dibandingkan kakaknya. Namun, saya tidak bisa mengambil keputusan dari sekali penampilan di Timnas Indonesia U-19. Mungkin akan dilihat lagi ke depan," imbuh Shin Tae-yong.

2 dari 3 halaman

Siapa Kelana dan Luah?

Kelana Noah Mahessa, Timnas Indonesia u-19
Pelatih Shin Tae-yong menilai seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 tampil bagus, termasuk duo debutan pemain blasteran Jerman, Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa. (dok. PSSI)

Darah Indonesia Kelana dan Luah mengalir dari sang ayah, Rully Mahesa, yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, keduanya lahir dan besar di Jerman. Pada 2019, Kelana dan Luah pernah mengikuti seleksi di Persela Lamongan.

Kelana dan Luah sama-sama bermain untuk Bonner SC di Jerman. Klub tersebut berkompetisi di Regionalliga West atau kasta keempat Liga Jerman.

"Saya senang kami meraih kemenangan atas Hajduk Split. Namun, saya belum puas dengan performa saya di lapangan. Saya harus terus bekerja keras dan berjuang sehingga bisa mendapatkan tempat di Timnas Indonesia U-19," kata Kelana setelah membawa Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Hajduk Split U-19.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓