Sukses


Lanjutan Liga 1 2020 Tak Jelas, Wiljan Pluim dan Ezra Walian Pulang ke Belanda

Bola.com, Makassar - Belum adanya kejelasan terkait lanjutan Shopee Liga 1 2020 membuat mayoritas klub peserta meliburkan timnya. Di antaranya adalah PSM Makassar yang sudah mempersilakan para pemain agar latihan mandiri di rumah masing-masing sejak pekan lalu.

Dua pemain PSM, Wiljan Pluim dan Ezra Walian, sudah tiba di Belanda, Rabu (29/10/2020) pagi waktu setempat. Khusus buat Pluim, eks gelandang Willem II dan Vitesse Arnhem itu dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan manajemen PSM untuk memperpanjang kontraknya hingga tiga tahun ke depan.

Artinya, Pluim yang kini berusia 31 tahun berpeluang menjadikan PSM sebagai klub terakhir sebelum gantung sepatu. Kabar ini sekaligus menepis rumor ketertarikan sejumlah klub Liga 1 yang ingin meminangnya.

Terkait keputusan meliburkan tim, Sulaiman Karim, media officer PSM, menjelaskan langkah tersebut dilakukan untuk menghindari kejenuhan yang bisa berdampak pada psikologis pemain sekaligus menekan biaya operasional tim.

"Seluruh pemain sudah mendapat program latihan dari tim pelatih. Kami berharap setelah ada kejelasan jadwal, fisik dan stamina mereka tak terlalu drop saat tim kembali berlatih," ujar Sulaiman kepada Bola.com, Kamis (29/10/2020) pagi.

Sulaiman menambahkan, manajemen PSM tetap berkomitmen mengikuti apa pun keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi. Itulah mengapa pihaknya berharap kejelasan Shopee Liga 1 2020 berlanjut atau tidak segera diputuskan.

"Kejelasan ini juga membuat manajemen klub bisa merancang program buat tim,"terang Sulaiman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Markas PSM

Pada kesempatan itu, Sulaiman mengungkapkan manajemen terus berupaya tetap bermarkas di Sulawesi Selatan pada Shopee Liga 1 2021. Di mana Stadion Gelora Mandiri Pare Pare menjadi opsi utama menggantikan Stadion Andi Mattalatta yang akan di renovasi total.

"Manajemen terus berkomunikasi dengan Pemkot Pare Pare terkait hal ini," kata Sulaiman.

Sebelumnya, Ketua Askot PSSI Pare Pare, Rahmat Sjamsu Alam, menyatakan PSM sudah bisa memakai Stadion Gelora Mandiri untuk berlatih mulai Februari 2021. Menurut Sjamsu Alam, saat ini pengelola stadion tengah membenahi sejumlah fasilitas untuk memenuhi standar kelayakan Liga 1.

"Pemkot Pare Pare menganggarkan dana Rp1,5 miliar untuk renovasi stadion. Khususnya pemeliharaan rumput. Soal penerangan, manajemen PSM akan memberikan lampu yang dipakai di Stadion Andi Mattalatta," papar Sjamsu Alam.

Video Populer

Foto Populer