Sukses


PSSI Menunggu Kajian dari PT LIB Sebelum Putuskan Nasib Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - PSSI tidak jadi memaksakan Shopee Liga 1 2020 dilanjutkan pada tahun ini. Kompetisi baru akan kembali diputar pada tahun depan. Namun, status kompetisi masih belum diputuskan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi telah memberitahu bahwa Shopee Liga 1 bakal digelar pada Februari 2021. Hanya saja, belum ada keputusan apakah kompetisi akan melanjutkan musim 2020 atau memulai musim 2021.

PSSI memberikan kepercayaan penuh kepada PT LIB untuk merumuskan format Shopee Liga 1 pada Februari 2021, apakah meneruskan kompetisi 2020 atau menggulirkan musim baru.

"Soal melanjutkam musim atau memulai musim baru Shopee Liga 1, kami masih menunggu hasil telaah dari PT LIB," kata Pelaksana Tugas PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com, Kamis (29/10/2020).

Terpisah, Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB memastikan bahwa pihaknya akan menggelar korespondensi dengan peserta Shopee Liga 1 pada pekan depan. Pembahasan format kompetisi untuk Februari 2021 menjadi agenda utama.

"Minggu depan kami akan melakukan rapat lagi dengan PSSI. Termasuk meminta masukan dari klub-klub saat ini. Pastinya, yang terbaik untuk mereka. Kami mengurus jadwal dan format kompetisi. Akan kami rumuskan nanti. Apakah kompetisi ini bakal dilanjutkan atau tidak, nanti akan kami rumuskan," kata Lukita.

Shopee Liga 1 musim ini baru melaksanakan tiga pertandingan. Kompetisi telah ditangguhkan sejak Maret 2020 akibat meluasnya pandemi COVID-19 di Indonesia. PSSI menjadwalkan kelanjutan kejuaraan pada Oktober 2020, namun mendadak dibatalkan karena tidak mendapat izin dari kepolisian.

Video

2 dari 2 halaman

Hasil Rapat Exco

Keputusan untuk menunda Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini dihasilkan secara aklamasi pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (28/10/2020). Berbeda dengan PT LIB, PSSI tidak memuat jadwal detail tentang kelanjutan kompetisi.

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Shopee Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 2020. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," jelas Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT LIB selaku operator kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," terang Yunus Nusi.

Video Populer

Foto Populer