Sukses


Cerita Sepatu Seharga Rp 67 Ribu Mengantarkan Riko Simanjuntak Jadi Pesepak Bola Profesional

Bola.com, Jakarta - Riko Simanjuntak merupakan pemain yang punya peran penting di Persija Jakarta dalam beberapa musim terakhir. Namun, tak banyak yang tahu melejitnya karier Riko sampai saat ini diawali dari sepatu sepak bola bekas seharga Rp67 ribu.

Riko Simanjuntak berasal dari keluarga yang terbilang kurang mencukupi dari segi ekonomi. Kondisi keluarga yang sulit membuat Riko tak bisa sembarangan meminta kepada orang tuanya.

Untuk melakoni hobinya bermain sepak bola, Riko bahkan harus meminjam sepatu sepak bola milik kakaknya. Perbedaan ukuran kaki membuat Riko mengakali sepatu agar bisa pas dengan kakinya ketika digunakan.

"Saya pakai sepatu kakak. Saya kasih kaus kaki di dalam sepatunya agar bisa dipakai," kata Riko seperti dikutip situs resmi Persija Jakarta, Sabtu (31/10/2020).

"Saya sendiri tidak mempermasalahkan hal itu karena sejak awal kondisi keuangan keluarga saya susah. Jadi, pakai yang ada saja," ucap Riko.

Perlahan-lahan Riko akhirnya memberanikan diri untuk minta dibelikan sepatu ke orang tuanya. Riko sadar konsekuensinya mengingat kondisi keuangan keluarga yang serba pas-pasan.

"Saat itu saya sempat meminta ke mama. Memang tidak langsung dibelikan, tapi mama saya berjanji ketika punya uang akan dibelikan sepatu," kenang Riko Simanjuntak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Beli Sepatu Bekas

Penantian panjang Riko Simanjuntak akan sepatu sepak bola baru akhirnya usai. Suatu hari, ibunya mengajak Riko untuk pergi membeli sepatu ke Pajak (Pasar) Parluasan, Pematangsiantar, Sumatra Utara.

Ketika itu, Riko disuruh memilih sepatu sepak bola bekas. Riko akhirnya mendapati sepatu yang cocok dan pas untuk kakinya. Melalui skema tawar-menawar, akhirnya sepatu itu dibeli dengan harga Rp67 ribu.

"Waktu itu deal di harga kurang lebih 67 ribu gitu lah. Dari situ awalnya saya menggeluti sepak bola ini," ucap Riko.

Sepatu itulah yang akhirnya mengantarkan Riko menjadi pemain profesional. Riko mulai bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal hingga mendapatkan kesempatan bermain di PSMS Medan pada 2012.

Karier Riko makin mentereng dengan bergabung bersama PS Bangka, Gresik United, Semen Padang, hingga saat ini membela Persija Jakarta.

Keberadaan Riko Simanjuntak di sektor sayap membuat lini depan Persija Jakarta menakutkan. Bersama Marko Simic, Riko menjadikan lini depan Persija tajam.

Keduanya merupakan duet tersubur sejauh ini di era Liga 1. Melalui kerja sama keduanya, sembilan gol tercipta dengan skema berawal dari umpan Riko dan diteruskan oleh Simic menjadi gol.

Tak hanya Simic, Riko juga rajin mengirimkan assist ke pemain lainnya di Persija. Situasi itu membuat Riko menjadi aset berharga buat klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut dan sudah menyumbangkan dua gelar juara, yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Video Populer

Foto Populer