Sukses


Banyak Waktu Luang Saat Kompetisi Berhenti, Bek Persipura Budidaya Sayur Hidroponik

Bola.com, Jayapura - Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, memiliki aktivitas baru untuk mengisi luang saat Shopee Liga 1 2020 tidak berjalan saat ini. Pemain yang mengantongi lisensi kepelatihan C AFC itu kini menggeluti budidaya tanaman sayuran dengan metode hidroponik.

Hidroponik adalah cara bercocok tanam, terutama sayuran, dengan menggunakan media pipa dan hanya menggunakan pupuk organik tanpa media tanah. Pemain yang pernah merumput bersama Persebaya Surabaya ini pun mengungkapkan kisah awal mula ketertarikan melakukan budidaya sayur secara hidroponik.

Menurut bek Persipura Jayapura itu, ketika senggang dari aktivitas sepak bola dalam beberapa bulan terakhir, ia dan sang istri, Victoria Stephanie Ririmasse, menemukan sebuah konten di Youtube mengenai cara menanam sayuran dengan metode hidroponik. Tertarik untuk mencoba, akhirnya pasangan ini membuat instalasi hidroponik di pelataran rumahnya.

"Awalnya tidak sengaja menemukan konten di Youtube mengenai hidroponik. Kemudian saya penasaran untuk mempelajari dan mencoba bersama istri," ujar Ricardo Salampessy kepada Bola.com, Minggu (1/11/2020).

"Belum ada satu tahun saya mengenal dan memulai hidroponik ini. Kalau tidak salah, saya memulainya pada April lalu. Sampai sekarang masih diurus oleh istri, kalau saya libur, giliran saya yang memeriksanya, lumayan untuk menghilangkan penat," lanjut bek Persipura Jayapura itu.

Video

2 dari 2 halaman

Belum Berniat untuk Industri, Fokus Tetap di Sepak Bola

Beberapa jenis sayuran mulai ditanam setelah instalasi hidroponik selesai dibuat. Macam-macam sayuran ditanamnya, seperti kangkung, selada, bayam, sawi, seledri, tomat, dan kemangi.

Sayuran dengan metode hidroponik ini hanya perlu waktu singkat untuk dipanen. Ricardo Salampessy pun mengaku sangat terbantu karena keluarganya tercukupi untuk mendapatkan makanan sehat berupa sayuran.

"Sejak memiliki tanaman sayuran sendiri, sangat terbantu mencukupi kebutuhan sayur. Jadi tidak perlu repot-repot lagi ke pasar untuk membeli sayuran. Tinggal petik di depan rumah," ujarnya.

Meski sudah mengetahui seluk beluk menanam sayur dengan cara hidroponik, bek Persipura Jayapura ini belum berniat untuk melebarkan sayapnya menjadikan hidroponik sebagai sebuah industri miliknya. Ia masih fokus untuk bermain sepak bola dan mengejar lisensi kepelatihan.

"Belum terpikir ke arah sana. Saat ini masih untuk konsumsi sendiri. Walau sudah ada permintaan, khususnya untuk selada, saya fokus dulu untuk sepak bola dan lisensi kepelatihan," ujar Ricardo mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer