Sukses


Selama Pandemi COVID-19, Laga Ekshibisi Menjadi Hiburan bagi Mantan Pelatih Arema

Bola.com, Malang - Ketika sepak bola Indonesia tengah vakum selama pandemi COVID-19, terutama setelah tidak adanya izin dari kepolisian untuk kelanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2, banyak pelaku sepak bola mencari kesibukan demi mengusir kejenuhan. Mantan pelatih Arema FC, Joko Susilo, memilih untuk bermain sepak bola dalam laga ekshibisi untuk mencari hiburan di tengah situasi yang tidak menentu ini.

Joko Susilo, yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Persik Kediri, sering terlihat bermain bersama para legenda Arema FC. Ia juga ikut bermain bersama tim SDF Indonesia yang terdiri dari mantan pemain Arema dan beberapa tim Jawa Timur lain di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (30/10/2020).

Joko Susilo tampil dalam laga tersebut menghadapi para legenda Persebaya Surabaya. Pelatih yang karib disapa Getuk itu satu tim dengan sejumlah mantan pemain yang melekat dengan Arema, seperti Kuncoro, Siswantoro, dan lainnya. Sementara legenda Persebaya dihuni oleh Yusuf Ekodono, Anang Ma'ruf, hingga Jacksen Tiago.

"Setiap ada kesempatan, saya ikut bermain. Baik bersama Arema legend maupun tim lainnya. Dalam beberapa hari terakhir ini saya sering ikut. Minggu lalu juga sempat ikut main ke Bali. Tentunya biar fresh, karena pusing dengan kondisi sepak bola Indonesia saat ini," kata pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Selain menjadi ajang untuk refreshing, ada dua hal lain yang membuat Getuk rajin bermain sepak bola lagi. Pertama, silaturahmi dengan rekan-rekan lamanya, karena saat kompetisi bergulir dia dan mantan pemain lainnya sudah sibuk dengan aktivitas masing-masing.

"Selain silaturahmi, juga senang bertukar pendapat terkait situasi sepak bola terkini. Saya menyampaikan pandangan saya, begitu juga dengan teman-teman lainnya. Jadi bukan bermain sepak bola yang dicari, tapi lebih ke silaturahmi dan tukar pendapat, karena jiwa saya bukan lagi bermain sepak bola," ujar mantan pelatih Arema FC itu.

Video

2 dari 2 halaman

Rindu Melatih

Joko Susilo sekarang masih terikat kontrak sebagai Dirtek Persilk Kediri hingga Desember 2020. Jika kompetisi berlanjut pada awal tahun depan, tentu tinggal menunggu waktu saja menentukan masa depannya. Apakah tetap di Persik atau ke klub lain.

Sebenarnya, saat ini dia rindu melatih sebuah tim. Namun, karena masih menjabat dirtek, dia lebih banyak bertugas di balik layar. Tugas terbesarnya saat ini membuat blue print untuk pembinaan pemain muda Persik

Ia harus mengorbitkan pemain muda ke tim senior yang kini dilatih oleh Budi Sudarsono.

"Kontrak saya di Persik sampai Desember. Saya mengalir saja. Kalau ada tawaran melatih lagi, tentu saya akan mempertimbangkan," ujarnya.

Video Populer

Foto Populer