Sukses


Boaz Solossa dan 25 Pemain Senior Klub Shopee Liga 1 yang Mengejar Lisensi Pelatih

Bola.com, Denpasar - Sejumlah pemain senior Shopee Liga 1 mengikuti kursus kepelatihan untuk lisensi C PSSI. Sadar kariernya di sepak bola tidak lama lagi, para pemain ini mencoba membekali masa pensiun kelak dengan ilmu kepelatihan.

Kursus kepelatihan lisensi C ini merupakan program dari PSSI hasil kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan ini berlangsung di Bali pada 1-16 November 2020.

Beberapa pesepak bola aktif yang mengejar lisensi C ini meliputi Boaz Solossa, Tinus Pae, dan Achmad Jufriyanto. Ada pula pensiunan Shopee Liga 1 yang terlibat dalam kursus ini seperti Syamsul Chaeruddin.

"Pada kursus ini, PSSI bekerja sama serta mendapat dukungan dari Kemenpora. Semakin banyaknya kursus kepelatihan, tentu menambah jumlah pelatih yang ada di Indonesia," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dinukil dari laman PSSI.

"Apabila jumlah pelatih di Indonesia semakin banyak dengan kualitas yang baik, PSSI yakin Indonesia akan melahirkan banyak pesepak bola yang berkualitas," tutur mantan pelatih Timnas Indonesia U-22 tersebut.

Rizky Pora, selaku peserta dalam lisensi kepelatihan ini, mengaku bersyukur dapat memelajari ilmu kepelatihan di usia emas. Saat ini, gelandang Barito Putera itu masih berusia 30 tahun.

"Alhamdulillah mendapatkan kesempatan mengikuti kursus pelatih lisensi C ini. Saya ingin terus belajar dan dapat lulus dengan baik di kursus ini. Untuk materi, tentu ada sesi teori dan praktek di lapangan," jelas Rizky Pora.

Total, kursus kepelatihan lisensi C ini diikuti oleh 26 peserta. Menariknya, ada beberapa pemain di bawah usia 30 tahun yang tertarik mengikuti program ini semodel bek Persik Kediri, Dany Saputra, gelandang PSS Sleman, Jefri Kurniawan, dan gelandang Bandung United, Agung Mulyadi.

Video

2 dari 2 halaman

26 Peserta Kursus Kepelatihan Lisensi C PSSI

1. Rizky Pora, Barito Putera

2. Aditya Harlan, Barito Putera

3. Munhar, Persik Kediri

4. Dany Saputra, Persik Kediri

5. Deden Natsir, Persib

6. Agung Mulyadi, Persib

7. Hasyim Kipuw, PSM

8. Aditya Putra, Persikabo

9. I Gede Sukadana, PSS

10. Jefri Kurniawan, PSS

11. Sandi Firmansyah, PSIM

12. T.A Mushafry, PSIM

13. Achmad Jufriyanto, Bhayangkara FC

14. Asri Akbar, Persijap

15. Qischil Qandrum, Persekat

16. Rudiyana, Sriwijaya FC

17. Wimba Sutan, Semen Padang

18. Tinus Pae, Persipura

19. Boaz Solossa, Persipura

20. Siswanto, Bandung

21. Riyandi Ramadhana, Jakarta

22. Syamsul Chaerudin, Makassar

23. Hendra Nasir, Jakarta

24. Ign Richard Kippuw, Semarang

25. Nanda Rahmadhani, Surabaya

26. Fatkhurohman, Jakarta

Video Populer

Foto Populer