Shopee Liga 1: Jika FC Utrecht Menolak 2 Opsi Transfer Bagus Kahfi, Begini Sikap Barito Putera

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 05 Nov 2020, 12:50 WIB
Diperbarui 05 Nov 2020, 12:50 WIB
Bagus Kahfi
Pemain muda potensial Timnas Indonesia, Bagus Kahfi. (Istimewa)

Bola.com, Jakarta - Barito Putera dalam posisi tawar yang tinggi. Laskar Antasari, julukannya, menolak untuk melepas Bagus Kahfi andai FC Utrecht tidak menyanggupi satu di antara dua opsi yang ditawarkan.

Barito Putera sebenarnya mau saja merelakan kepergian Bagus Kahfi. Namun, Laskar Antasari tidak ingin kehilangan begitu saja aset besarnya itu. Jika FC Utrecht berminat untuk meminang sang bomber, Barito Putera menyodorkan dua opsi pelepasan.

Pertama, Barito Putera ingin adanya buy back clause. Maksud dari opsi ini bukan pembelian balik, melainkan Laskar Antasari akan menarik kembali Bagus Kahfi jika sang pemain tidak lagi membela FC Utrecht.

Yang kedua, Barito Putera meminta kompensasi. Wajar saja, bodoh jika Laskar Antasari membiarkan Bagus Kahfi hengkang secara cuma-cuma. Saat ini, bomber berusia 18 tahun itu adalah satu di antara pemain muda terbaik di Indonesia.

Lantas, bagaimana jika FC Utrecht tidak menyanggupi permintaan dari Barito Putera tersebut? Sikap Laskar Antasari tegas, Bagus Kahfi akan kembali ke Banjarmasin.

"Dia tidak bisa pindah. Masa tidak ada uang transfer atau surat pelepasan. Itu kan sudah aturannya," kata Mundari Karya, manajer Barito Putera ketika dihubungi Bola.com.

"Jangankan yang tingkat tinggi seperti ini, di level Indonesia saja klub tidak bisa mengambil pemain sembarangan," imbuh mantan pelatih Persikota Tangerang tersebut.

2 dari 3 halaman

Selangkah Lagi Gabung FC Utrecht

Bagus Kahfi
Penyerang Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi, mendapatkan kesempatan berlatih bersama tim senior. (dok. PSSI)

Bagus Kahfi dikabarkan selangkah lagi bergabung dengan FC Utrecht. Dia berada di sana dalam sepekan belakangan untuk membantu rehabilitasi pascacedera.

Dalam virtual conference Indonesia Youth Football Development bertajuk Mendesain Prestasi untuk Go International di YouTube Kemenpora RI, Rabu (4/11/2020), Bagus Kahfi bahkan mengakui telah berlatih bareng Jong Utrecht, tim usia muda FC Utrecht.

Bagus Kahfi masih menyisakan kontrak setahun di Barito Putera. Sejak direkrut pada tahun lalu, ia masih belum bermain untuk Laskar Antasari di Shopee Liga 1 karena terlalu sibuk dengan Garuda Select.

"Kami prinsipnya, oke Bagus Kahfi bermain di FC Utrecht dulu. Setelah beberapa tahun bermain di sana, jika dia kembali, dia harus bermain di Barito Putera," tegas Mundari.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓