Sukses


Shin Tae-yong: Saya Diperlakukan Istimewa di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong sudah pulang ke Korea Selatan sejak pekan lalu. Sebelumnya, ia menghabiskan waktu tiga bulan untuk memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Selama sebulan, Shin Tae-yong menggeber Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Dua bulan selanjutnya, tim berjulukan Garuda Muda itu digenjot di Kroasia.

Selama di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 tidak hanya berlatih. Garuda Muda juga menjalani rangkaian pertandingan uji coba. Dari 11 partai, David Maulana dan kawan-kawan berhasil memenangi lima di antaranya.

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia diraih atas lawan yang lebih diunggulkan, semisal Makedonia Utara U-19 2-1 dan Hajduk Split U-19 2-1.

"Lawan yang kami menangkan adalah kelompok usia yang sama, di bawah 19 tahun. Tapi, kami terkejut mengalahkan tim Eropa," imbuh Shin Tae-yong dinukil dari wawancaranya dengan media Korea Selatan, Khan.

Shin Tae-yong amat berkesan dengan pengalamannya melatih Timnas Indonesia U-19 meski masih seumur jagung. "Di Indonesia, saya diperlakukan sebagai tamu VIP," kata Shin Tae-yong.

Video

2 dari 2 halaman

Perkembangan Para Pemain

Setelah berlatih di Kroasia selama hampir dua bulan, Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia U-19 telah mengalami peningkatan pesat. Para pemain, disebutnya, mulai disiplin dalam berlatih.

"Para pemain mulai bangga dengan permainan sepak bolanya dan menjaga latihan," jelas Shin Tae-yong.

"Sekarang para pemain bermain sepak bola dengan pikiran yang kuat. Permainan taktis mereka juga bagus. Anda bisa memberikan nilai 70 dari 100," terang Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer