Sukses


Peringati Hari Pahlawan, Bonek Tabur Bunga di Makam Pahlawan Jayapura

Bola.com, Jayapura - Masyarakat Indonesia sedang memeringati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada Selasa (10/11/2020). Hari ini mengingatkan kembali pada perjuangan Arek-arek Suroboyo melawan Sekutu dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Jauh di ujung timur Indonesia, terdapat sekelompok anak-anak muda yang memeringati hari penuh sejarah ini. Mereka adalah Bonek Jayapura, komunitas pendukung Persebaya Surabaya. Mereka adalah warga asli Surabaya yang merantau di ibukota Provinsi Papua tersebut.

Bonek Jayapura melakukan sesi tabur bunga dan doa bersama di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora, Jayapura, Selasa pagi. Upaya ini merupakan wujud apresiasi dan menghargai jasa pahlawan yang telah gugur.

"Ini kali pertama Bonjap (Bonek Jayapura) memeringati Hari Pahlawan dengan mengunjungi makam pahlawan di Jayapura. Sudah seminggu terakhir direncanakan. Alhamdulillah, sudah mendapat izin dari pihak yang berwenang,” kata Muhammad Nur Arianto, anggota Bonek Jayapura, kepada Bola.com.

Bonek Jayapura tidak bisa langsung menggelar acara ini. Mereka harus menunggu upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional yang digelar oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Setelah itu, mereka baru bisa melakukan tabur bunga dan doa bersama dengan sekitar 27 anggota Bonek Jayapura yang turut hadir.

"Ini hari aktif kerja, tadi ada yang sampai izin supaya bisa ikut acara. Tapi, ada juga yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Yang penting, niat kami ingin ikut memerangati hari nasional ini,” ucap pria yang akrab disapa Ari itu.

"Bagaimanapun juga, Hari Pahlawan ini tidak bisa dilepaskan dari Surabaya. Semangat Arek-Arek Suroboyo itu juga menjadi semangat Bonek selama ini dalam mendukung Persebaya. Kami bagian dari peristiwa 10 November 1945 itu sendiri,” imbuhnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Lekat dengan Surabaya

Peringatan Hari Pahlawan Nasional ini sangat sakral dan tidak bisa lepas dari masyarakat Surabaya. Setiap tahun, masyarakat Surabaya menggelar drama kolosal bertajuk "Surabaya Membara" di kawasan tugu pahlawan.

Drama itu untuk mengingat kembali perjuangan Arek-arek Suroboyo yang berjuang mengusir Belanda dan sekutu yang ingin kembali menjajah Indonesia. Perjuangan mereka bahkan menewaskan perwira tinggi Inggris, AWS Mallaby.

Konteks Arek-Arek Suroboyo sendiri tidak hanya mencakup masyarakat Surabaya yang ikut berjuang. Melainkan, suku lain juga ikut membaur dalam peperangan tersebut. Bahkan, para santri juga bergabung dalam Laskar Hizbullah.

Video Populer

Foto Populer