Sukses


Alasan Samsul Arif Tak Ikut Gerbong Pemain Shopee Liga 1 Berburu Lisensi Pelatih

Bola.com, Malang - Ketika sepak bola Indonesia terhenti karena pandemi virus corona, banyak pemain profesional mengisi waktunya dengan kursus kepelatihan.

Saat ini, sejumlah pemain mengikuti kursus kepelatihan C AFC di Bali, yakni Boaz Salossa (Persipura Jayapura), Gede Sukadana (PSS Sleman), Deden Nathsir (Persib Bandung), Munhar (Persik Kediri), dan lainnya.

Namun, ada juga yang belum tertarik mengisi waktu luangnya dengan kursus kepelatihan, yakni striker Persita Tangerang, Samsul Arif Munip. Padahal dari segi usia, dia sudah 35 tahun. Biasanya, umur 35 tahun pemain mulai mempersiapkan diri sebagai pelatih.

“Saya juga ingin ambil lisensi kepelatihan. Tapi sekarang belum waktunya. Mungkin tunggu momen yang tepat,” kata pemain asal Bojonegoro ini.

Samsul sebenarnya sempat dapat undangan mengikuti kursus kepelatihan ketika membela Barito Putera musim lalu. Waktu itu, kursus kepelatihannya digelar di Bali.

“Tapi saya tidak bisa berangkat karena bersamaan dengan kompetisi dan tidak dapat izin dari klub,” lanjut Samsul Arif.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ada Rencana

Lantas kapan Samsul Arif mulai menyiapkan diri di dunia kepelatihan? Dia memberikan jawaban yang diplomatis.

"Mengambil kursus lisensi kepelatihan itu membuat fokus harus terbagi. Pertama harus memikirkan ilmu kepelatihan. Sedangkan di sisi lain harus kensen meningkatkan skill dilapangan sebagai pesepak bola," imbuhnya.

"Untuk sekarang, saya belum mampu membagi fokus saya dengan dua hal ini. Jadi saya masih memilih fokus sebagai pemain dulu. Kalau sudah ada momen yang benar-benar tepat, baru saya ambil kursus kepelatihan,” jelas mantan pemain Arema FC ini.

Samsul mengaku jika suatu saat nanti akan terjud di dunia kepelatihan karena dia tidak bisa jauh dari dunia sepak bola yang membesarkan namanya sekaligus mata pencaharian utama.

Video Populer

Foto Populer