Sukses


Shopee Liga 1: Marc Klok Sempat Mendapat Cibiran saat Memutuskan Hijrah ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, sempat mendapat cibiran dari rekan-rekannya di Belanda ketika memutuskan hijrah ke Indonesia. Maklum, Klok melakukannya pada usia muda yakni 23 tahun.

Marc Klok membuat lompatan karier yang tak biasa. Pada 2017, Klok memutuskan hengkang dari klub Skotlandia, Dundee, dan bergabung dengan PSM Makassar.

Keputusan yang cukup aneh. Biasanya, pemain asing menjadikan sepak bola Indonesia sebagai tujuan karier sebelum pensiun sehingga mereka datang pada usia yang sudah senja. Namun, tidak buat Klok yang bernai mengambil keputusan besar itu.

"Saya datang ke Indonesia saat berumur 23 tahun. Tentu, ini tidak mudah bagi pemain Eropa bagi saya yang hidup di lingkungan berbeda. Teman-teman saya meragukan keputusan saya untuk pergi ke Indonesia," kata Marc Klok dalam blog pribadinya.

"Apakah Anda ingin pindah ke bagian dunia lain pada usia muda? Kata beberapa teman saya. Kemudian saya jawab 'Ya, saya akan mencoba dan telah menyelesaikan rencana dan memiliki visi serta misi untuk berkembang di sana' Saya selalu menjawab seperti itu ketika mendapatkan pertanyaan," tegas Klok.

Pada kenyataannya, Marc Klok berhasil menjawab cibiran rekannya dengan karier gemilang di Indonesia. Bersama PSM Makassar, Klok berhasil mencatatkan 83 penampilan dan 14 gol serta memberikan gelar Piala Indonesia 2019.

Marc Klok kemudian membuat gebrakan dalam kariernya setelah bergabung dengan Persija Jakarta pada 2020. Sejauh ini, pemilik nama lengkap Marc Anthony Klok itu sudah tampil sebanyak dua kali buat Persija.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Menjadi WNI

Pada pertengahan 2019, Marc Klok kembali membuat keputusan yang tak bisa. Marc Klok mengajukan permohonan untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Klok memang tidak secara langsung memiliki garis keturunan Indonesia. Namun, ternyata darah Merah Putih telah diwariskan oleh sang kakek buyut yang kabarnya lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah melalui proses panjang, pada November 2020, Marc Klok resmi mengucap sumpah sebagai WNI. Klok mengaku akan bersungguh-sungguh menjaga kehormatan negara barunya itu.

"Indonesia bukan lagi menjadi tempat yang asing bagi saya. Indoesia adalah rumah saya, tempat di mana saya berjuang untuk meraih performa tertinggi dalam sepak bola, tempat di mana saya melakukan yang terbaik untuk membalas dukungan para suporter yang hebat," tegas Klok.

Video Populer

Foto Populer