Sukses


Persija, Persib, dan Arema FC Bisa Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - PSSI telah mempersiapkan skenario terburuk jika Timnas Indonesia U-19 gagal melangsungkan pemusatan latihan di luar negeri. Garuda Muda, julukannya, akan tetap berlatih di dalam negeri.

Timnas Indonesia U-19 saat ini masih berlatih di Stadion Madya, Jakarta, hingga akhir November 2020. Garuda Muda baru akan menilmba ilmu ke luar negeri jika PSSI telah memilih satu di antara Spanyol dan Korea Selatan sebagai lokasi pemusatan latihan.

Jika kedua negara itu tidak dapat dituju oleh Timnas Indonesia U-19, maka PSSI akan menjadwalkan pemusatan latihan sekaligus rangkaian uji coba di dalam negeri. Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Arema FC dianggap menjadi lawan latih tanding yang sepadan bagi Garuda Muda.

"Untuk plan C, kalau kami tidak bisa keluar negeri. Timnas Indonesia U-19 tetap akan berlatih di Indonesia. Kami akan mencari lawan uji coba yang kuat. Kan ada tim senior yang bisa menjadi lawan uji coba," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Permasalahannya, apakah diperbolehkan ketika mereka berlatih, lalu diselipkan kegiatan uji coba? Kalau di luar negeri bisa. Sementara di sini, bisa saja Timnas Indonesia U-19 beruji coba dengan tim kuat seperti Persija, Persib, dan Arema FC," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Plan A dan Plan B

Sebelumnya, Iwan Bule telah lebih dulu memaparkan lokasi pemusatan latihan prioritas dan alternatif bagi Timnas Indonesia U-19. Korea Selatan menjadi negara yang awalnya akan dituju, dengan Spanyol sebagai opsi kedua.

"Plan A di Korea Selatan. Namun, di sana ada karantina selama dua pekan. Sayang waktu 14 hari bagi mereka meski bisa latihan virtual. Yang kedua cuaca. Mendekati akhir tahun, suhunya bisa mencapai minus 0 derajat. Kami khawatir mereka tidak bisa beradaptasi," ucap Iriawan.

"Spanyol adalah plan B. Kalau di Spanyol, suhunya 21 derajat. Kami akan mempertimbangkan faktor ini. Prinsip pelatih Shin Tae-yong, tidak masalah, yang penting latihan di luar negeri karena kami menginginkan lawan uji coba yang kuat seperti saat di Kroasia," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer