Sukses


PSSI Umumkan Hasil Lisensi Klub AFC: Persib Lolos, Persija dan Persebaya Tidak

Bola.com, Jakarta - PSSI mengumumkan hasil AFC Club Licensing Cycle 2020. Persib Bandung lolos verifikasi, sedangkan Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya tidak.

Pada rapat Komite Lisensi Klub di Hotel Harris FX, Jakarta, Kamis (19/11/2020), PSSI menyatakan enam tim berstatus 'granted' alias berhasil meraih predikat klub profesional. Selain Persib Bandung, lima tim lainnya ialah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Arema FC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi manajemen klub sepak bola yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai cerminan klub profesional, AFC Club Licensing Cycle juga menjadi syarat bagi klub untuk tampil di turnamen antartim Asia semisal Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Adapun, lima kriteria menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut meliputi sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Pada tahun ini, semua klub Shopee Liga 1 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Komentar PSSI

Rapat Komite Lisensi Klub di bawah naungan Departemen Klub Lisensi PSSI dihadiri oleh Timmy Setiawan sebagai ketua dengan anggota mencakup Danurwindo, Yakub Adi, Asep Saputra, dan Alexander Tjahyadi.

Selain itu, turut datang Manajer Klub Lisensi PSSI, Putri Aprilia Utomo serta Surya Binanga dan Moh. Randi sebagai anggota dan Head of Legal PSSI, Lexyndo Hakim.

"Ke depan, PSSI sedang menyiapkan lisensi klub nasional untuk kami terapkan di Shopee Liga 1 dan Liga 2," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa industri Indonesia sudah dalam trek menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer