Sukses


Ketimbang Gelar TC Timnas Indonesia U-19 di Luar Negeri, PSSI Disarankan Memutar Turnamen U-20

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura U-20, Tony Ho, mengusulkan PSSI memindahkan anggaran TC luar negeri Timnas Indonesia U-19 dengan mengadakan turnamen U-20.

Menurut Tony, turnamen U-20 lebih efektif dan membuat pemain muda tanah air lebih bergairah. Kalau diikuti 18 klub Liga 1, waktu yang dibutuhkan paling lama dua sampai tiga pekan dan bisa dilakukan pada satu lokasi.

"Misalnya di Magelang dan sekitarnya. Saya yakin turnamen ini akan menjadi tontonan yang disiarkan oleh televisi," kata Tony.

Untuk memudahkan Shin Tae-yong memilih pemain yang sesuai dengan strateginya, maka sebelum menggelar tunamen itu, seluruh pelatih klub peserta dikumpulkan.

"Dalam pertemuan itu, Shin Tae-yong dibantu Dirtek PSSI memaparkan strategi yang diinginkannya di Timnas Indonesia U-19. Jadi, nantinya, pelatih akan menerapkan strategi itu di klub masing-masing. Misalnya pola 4-4-2 kesukaan coach Shin Tae-yong, maka seluruh klub mengutamakan stategi itu," tegas Tony.

Jadi, selain membangkitkan kembali motivasi para pemain muda, pelatih lokal pun mendapatkan wadah untuk memgembangkan ilmu kepelatihannya.

"Indonesia memiliki banyak pelatih yang bagus. Tinggal kesempatan saja," pungkas Tony yang sudah mengantongi sertifikat pelatih Pro-AFC ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tergantung Liga 1

Namun, menyelenggarakan turnamen U-20 dalam waktu dekat juga sulit. Pasalnya, PSSI juga belum mendapat lampu hijau untuk menggelar Shopee Liga 1 2020 yang sudah tertunda sejak Maret.

PSSI baru mewacanakan lanjutan kompetisi digelar pada awal 2021. Namun, sampai sekarang belum ada kepastian. 

Untuk Timnas Indonesia U-19, rencana PSSI adalah melanjutkan pemusatan latihan di Spanyol atau Korea Selatan. Sebelumnya, tim Garuda Muda menjalani TC panjang di Kroasia.

Video Populer

Foto Populer