Sukses


Rahmad Darmawan Kenang Ricky Yacobi sebagai Sosok yang Peduli Pembinaan Usia Dini

Bola.com, Jakarta - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, merasakan duka mendalam atas meninggalkan Ricky Yacobi. Bagi Rahmad Darmawan, Ricky Yacobi tak sekadar mantan pemain hebat melainkan sosok yang peduli terhadap pembinaan pemain usia dini.

Ricky Yacobi meninggal dunia pada Sabtu (21/11/2020) karena serangan jantung saat bermain sepak bola. Ricky Yacobi meninggal pada usia 57 tahun.

Semasa hidupnya, Ricky Yacobi dikenal sebagai penyerang legendaris Timnas Indonesia yang memiliki ketajaman. Ricky Yacobi juga merupakan pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Jepang pada 1988 bersama Matsushita atau yang kini dikenal dengan nama Gamba Osaka.

Setelah pensiun, Ricky Yacobi tak bisa menjauhkan diri dari kegiatan sepak bola. Ricky Yacobi aktif menjadi pencari bakat pemain muda masa depan Indonesia.

Rahmad Darmawan menilai almarhum sebagai sosok yang peduli terhadap pembinaan usia dini. Hal itu bahkan sering menjadi topik pembicaraan saat keduanya bertemu.

"Bang Ricky Yacobi selalu mengingatkan kami-kami ini pentingnya membangun usia dini. Pembangunan usia dini harus terus dipertajam lagi dan juga insfratruktur menjadi dua hal itu yang kami bicarakan," kata Rahmad Darmawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pencapaian Ricky Yacobi

Sepanjang kariernya, Ricky Yacobi tercatat hanya membela lima klub yakni PSMS Medan, Arseto Solo, Matsushita, PS BPD Jateng, dan PSIS Semarang. Ricky Yacobi juga tercatat menjadi bagian dari Timnas Indonesia rentang 1985-1990.

Pencapaian terbaik Ricky Yacobi diraih ketika membela PSMS Medan dan Arseto Solo. Bersama PSMS, Ricky Yacobi sukses memberikan dua gelar perserikatan 1983 dan 1985, sedangkan bersama Arseto Solo meraih gelar Galatama 1987.

Ricky Yacobi juga punya peran besar di Timnas Indonesia. Ketika itu, Ricky menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia bersama Herry Kiswanto, Rully Nere, Robby Darwis dll saat meraih medali emas SEA Games 1987.

Video Populer

Foto Populer