Sukses


Momen Diego Maradona Membius Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 1979

Bola.com, Jakarta - Pada Piala Dunia U-20 1979, Timnas Indonesia U-20 bersua Argentina. Ketika itu, dua pemain dengan bentuk fisik dan gaya permainan yang sama bentrok, yakni Zulkarnain Lubis dan Diego Maradona.

Timnas Indonesia U-20 seperti mendapatkan durian runtuh kala itu. Sebab, tiket ke Piala Dunia U-20 1979 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, tidak didapat melalui jalur kualifikasi, melainkan karena alasan politis.

Kala itu, seharusnya juara dan runner-up Piala Asia Junior 1978, Korea Selatan dan Irak, yang berhak lolos, tapi ternyata nasib mujur menimpa Timnas Indonesia U-20.

Irak mengundurkan diri dan Korea Utara yang ditunjuk sebagai pengganti menolak untuk tampil. Timnas Indonesia U-20 yang gugur di perempat final Piala Asia Junior 1978 akhirnya yang terpilih mengikuti putaran final Piala Dunia U-20 1979 digelar 25 Agustus-7 September 1979.

Hasil undian Piala Dunia U-20 1979 menempatkan Timnas Indonesia U-20 bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia di Grup B, yang kala itu tergolong sebagai grup neraka.

Bisa ditebak, Timnas Indonesia U-20 tidak mampu berbicara banyak meladeni perlawanan lawan-lawannya, termasuk ketika menghadapi Timnas Argentina. Anak asuh Soetjipto Soentoro tumbang 0-5 dari Diego Maradona cs.

Ada dua pemain Argentina yang menjadi bintang lapangan pada laga itu. Yang pertama, sudah pasti Diego Maradona. Dia mencetak dua gol ke gawang Timnas Indonesia U-20.

Tiga gol Argentina lainnya diborong oleh tandem Diego Maradona di lini depan, Ramon Diaz.

Akan tetapi, ada momen tak terlupakan yang terjadi pada laga tersebut, yakni perjumpaan Zulkarnain Lubis, striker mungil Timnas Indonesia U-20 yang dijuluki Diego Maradona dari Asia dengan Maradona asli. Ada pun julukan tersebut disematkan padanya saat bersinar bersama tim Galatama, Krama Yudha Tiga Berlian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Maradona Asia Vs The Real Maradona

Seperti sudah disebutkan, Timnas Indonesia U-20 gagal membuat kejutan pada Piala Dunia U-20 1979. Meski kelasnya jauh, Piala Dunia U-20 dianggap sebagai wadah buat wonderkid unjuk gigi dan menggoda pemandu bakat dari Eropa.

Banyak pemain papan atas kini yang meroket ketika tampil di Piala Dunia U-20. Diego Maradona hanyalah satu dari lusinan pemain yang kemudian matang usai 'dilepas' ke rumput hijau Eropa.

Saat Zulkarnain bersua 'kembarannya', Diego Maradona, ia tak menampik anggapan bahwa ia mirip dengan sang maestro dari Argentina itu. Ia juga sesumbar dirinya bakal lebih terkenal andai lolos ke Piala Dunia 1986.

"Katanya gaya bermain kami mirip. Ditambah lagi rambut saya kribo sama dengan Diego Maradona. Jika Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 1986, mungkin saya lebih tenar dibanding dia," ujar almarhum Zulkarnain setengah berkelakar dalam sebuah wawancara santai dengan Bola.com beberapa tahun silam di Yogyakarta.

"Kami juga beda nasib. Diego Maradona kaya raya usai masa jaya, sementara saya sempat hidup susah," timpalnya.

Mantan pilar Timnas Indonesia U-20, Bambang Nurdiansyah, bernostalgia soal momen bersua Maradona di Piala Dunia U-20 1979. Ia mengatakab banyak pemain Timnas yang ingin berswafoto dengan Diego Maradona.

Maradona saat itu sudah bintang dan bergabung di timnas senior. Namun karena usianya masih cukup, dia dibawa pelatih Cesar Luis Menotti belaga di Piala Dunia U-20 1979," ucap Bambang Nurdiansyah, yang saat itu berposisi sebagai striker Timnas Indonesia U-20.

Para pemain Tim Merah-Putih pun berebutan swa foto dengan sang megabintang. "Saya mengoleksi foto bareng Maradona, namun entah sekarang fotonya ada di mana hilang karena sudah lama kejadiannya. Rekan saya Mundari Karya bahkan masih menyimpan foto dengan Maradona, disimpan di ruang tamu," kata Bambang yang kini menukangi PSIS Semarang itu.

Menurut Bambang, teknik Maradona sudah terlihat di atas rata-rata pemain lain. "Susah menjaga pergerakannya. Tubuhnya tidak tinggi, mirip-mirip dengan pemain kita, cuma skillnya yahud dan amat lincah," ungkap pria yang akrab disapa Banur.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, Timnas Indonesia kembali berkesempatan berlaga di turnamen yang sama setelah FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Momen penting perjalanan sejarah sepak bola Tanah Air.

Video Populer

Foto Populer