Sukses


Shopee Liga 1: Pakai Nomor Punggung Tak Lazim, Kiper Persebaya Ungkap Alasan Pilih 69

Bola.com, Surabaya - Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Angga Saputro, memilih nomor punggung yang tak lazim pada musim ini. Dia mengenakan nomor punggung 69 sejak bergabung dengan Persebaya pada awal musim 2020.

Pilihan itu tentu saja agak aneh, karena penjaga gawang biasanya memilih nomor punggung 1. Sebelumnya, Angga Saputro juga selalu memakai nomor punggung 1 saat masih berseragam Madura United dan Tira Persikabo.

Pemain asli Sidoarjo itu sebenarnya juga tidak mendapat halangan untuk kembali menggunakan nomor tersebut di Persebaya. Tak ada pemain yang memilih nomor punggung 1 di Tim Bajul Ijo. Dua kiper lainnya, Rivky Mokodompit dan Ernando Sutaryadi menggunakan nomor punggung 20 dan 21.

Angga mengaku punya alasan khusus saat memilih nomor punggung 69 ini. “Nomor itu tanggal kelahiran anak saya. Saya ingin setiap penampilan bisa mengingat anak saya. Semangat saya jadi lebih banyak,” ucap Angga kepada Bola.com.

Jika merujuk pada hal itu, maka putranya kemungkinan lahir pada 6 September. Namun, ternyata itu pun tidak benar. Jadi, bagaimana sebenarnya Angga memikirkan nomor punggung unik ini?

“Anak saya lahir 9 Juni. Tadinya saya mau pilih nomor 96, tetapi sudah dipakai Hidayat (gelandang Persebaya). Akhirnya, saya balik saja jadi 69. Sebenarnya itu yang terjadi,” imbuh kiper Persebaya berusia 26 tahun tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Mendapat Cemoohan

Nomor 69 memang terhitung sebagai pilihan yang tak lazim untuk menjadi nomor punggung. Nomor tersebut identik dengan salah satu gaya posisi bercinta. Banyak yang menilai itu kurang layak untuk menjadi nomor punggung.

Angga sendiri mengaku tidak sampai berpikir sejauh itu. Tetapi, dia cukup merasakan dampaknya karena mendapat cemoohan dengan nomor punggung itu. Apalagi, belum pernah ada pemain Persebaya yang mengenakan nomor itu.

“Saya sih cuek saja. Saya anggap mereka bercanda karena pilihan saya unik. Saya juga kepikiran untuk ganti nomor punggung saja musim depan. Mungkin kembali ke 1 saja biar lebih pas,” ucap pemain yang berstatus anggota TNI itu.

Angga kurang mendapat keberuntungan sejak bergabung dengan Persebaya dan memakai nomor ini. Dia belum sekalipun mendapat kesempatan tampil karena menjadi deputi Rivky. Shopee Liga 1 2020 juga lebih dulu mandeg pada pekan ketiga.

3 dari 3 halaman

Pernah Dipakai Bixente Lizarazu

Di sepak bola internasional, nomor punggung 69 sempat identik dengan bek kiri berpaspor Prancis, Bixente Lizarazu. Dia mengenakannya saat membela Bayern Munchen pada musim 2004/2005, setelah sebelumnya sempat memakai nomor 11 dan 3.

Alasan Lizarazu saat itu adalah nomor 69 sangat identik dengannya. Saat itu, dia berpostur 169 cm dengan berat badan 69 kilogram dan juga lahir pada 1969.

Nomor itu menjadi saksi Lizarazu meraih prestasi dengan membawa raksasa Bavaria itu memenangi DFB Pokal dan Bundesliga musim tersebut. Lizarazu yang menjadi bagian dari Timnas Prancis saat menjuarai Piala Dunia 1998 itu memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2006.

Video Populer

Foto Populer