Sukses


Maradona dan Ricky Yacobi, Legenda yang Meninggalkan Harta untuk Pemain Muda

Bola.com, Jakarta - Sepak bola dunia telah kehilangan legenda. Seluruh dunia berkabung pada Rabu (25/11/2020), ketika Diego Maradona meninggal dunia. 

Beberapa hari sebelumnya, Indonesia juga kehilangan satu di antara striker legendaris, Ricky Yacobi. Kedua legenda itu wafat dengan penyebab yang sama, jantung.

Maradona adalah pesepak bola istimewa yang memiliki kemampuan langka. Ia dikaruniai bakat luar biasa hingga menjadikannya pemain hebat. 

Sementara Ricky, memberikan warna bagi sepak bola Indonesia. Pengamat sepak bola, Kesit Budi Handoyo, memberikan sebuah catatan tentang apa yang bisa diambil oleh pemain muda, dari legenda-legenda sepak bola itu.

Ricky, tak memiliki bakat sehebat Maradona. Namun, ia berlatih keras mengembangkan skill hingga menjadi striker top pada era 1980-1990-an.

"Mendiang Ricky merupakan pemain yang sangat disiplin dalam berlatih. Kemampuannya sebagai seorang penyerang terbilang bagus. Tak heran kalau Ricky menjadi pemain yang direkrut klub Matushita pada pertengahan 1980-an," kata Kesit kepada Bola.com, Sabtu (28/11/2020).

"Kapasitas Ricky sebagai striker memang pantas untuk dihargai klub sekelas Matsushita," imbuhnya.

Sementara Diego Maradona, punya bakat alam hingga menjadikannya striker yang sangat ikonik. Ini mirip dengan beberapa pemain Indonesia yang memiliki bakat alam. Tantangan terbesar ialah, memaksimalkan bakat alam itu hingga menjadi pemain top.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kerja Keras

Menurut komentator itu, apa yang diraih Ricky berkat kerja keras dan kesungguhannya dalam berkarir sehingga selalu fokus dan disiplin saat berlatih dan bertanding.

Bukan hanya itu, Ricky adalah sosok yang sangat kritis terhadap perkembangan sepak bola nasional, apalagi kalau sudah menyangkut pemain muda.

"Apa yang diperlihatkan Ricky semasa jayanya bisa menjadi inspirasi buat pemain-pemain muda Indonesia," ungkapnya.

"Ricky merupakan sosok apa adanya, tak pakai tedeng aling-aling jika mengomentari sesuatu terkait sepak bola. Dia juga tak suka neko-neko. Lurus-lurus saja. Jelek dia bilang jelek, bagus dia bilang bagus," katanya.

Satu kesamaan mendiang Ricky Yacobi dan Maradona adalah passion terhadap sepak bola yang luar biasa.

 

Video Populer

Foto Populer