PSSI Enggan Ikut Campur Kegagalan Bagus Kahfi Gabung FC Utrecht

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 28 Nov 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Nov 2020, 18:34 WIB
Bagus Kahfi dan Beckham Putra Nugraha (Timnas Indonesia U-19)
Bagus Kahfi dan Beckham Putra Nugraha saat laga melawan Korea Utara di SUGBK, Jakarta, Minggu (10/11/2019) dalam penyisihan Grup K kualifikasi Piala AFC U-19 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - PSSI tak ingin ikut campur terkait polemik kegagalan Bagus Kahfi bergabung dengan klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menilai permasalahan itu di luar ranah federasi.

Bagus Kahfi gagal mewujudkan mimpi berkarier di Eropa. Hal itu terjadi karena Barito Putera sebagai klub pemiliknya mengabaikan tawaran dari FC Utrecht.

Barito Putera tidak merespons tenggat waktu yang diberikan oleh Utrecht yakni pada Jumat (27/11/2020). FC Utrecht kemudian menarik tawaran yang diajukan kepada Barito Putera.

"Kalau ada pihak lain yang ingin menyalurkan pemain ke klub luar negeri, itu urusan klub dengan klub tersebut. PSSI tidak bisa ikut di situ," kata Indra Sjafri seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu (28/11/2020).

"Terkait Bagus Kahfi, karena missed komunikasi dari awal. Dia disalurkan ke klub lain sebelum dikembalikan ke klub," ucap Indra Sjafri.

Sikap yang dilakukan Barito Putera menuai kecaman dari masyarakat yang memberikan dukungan kepada Bagus Kahfi. Selain itu, sang pemain juga memberikan sinyal kekecewaan yang besar karena gagal bermain di FC Utrecht.

 

2 dari 3 halaman

Bantu Mediasi

Bagus Kahfi
Penyerang Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi, mendapatkan kesempatan berlatih bersama tim senior. (dok. PSSI)

Indra Sjafri menyebut atas arahan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pihaknya hanya bisa membantu melalui jalur mediasi. Hal itu dilakukan agar Bagus Kahfi bisa mendapatkan keputusan yang terbaik untuk kelanjutan kariernya.

"Kewajiban PSSI untuk mengembalikan pemain ke klubnya. Bagus beserta orang tuanya melakukan pembicaraan bersama Barito Putera untuk memperbaiki komunikasi. Ini sudah dilakukan oleh Bagus Kahfi. Sekarang bagaimana Bagus Kahfi boleh pindah atau tidak itu urusan profesional klub," ucap Indra Sjafri.

"PSSI menginginkan semuanya berjalan dengan baik dan lancar. PSSI tidak bisa mengintervensi kontrak antara pemain serta klub dalam hal ini Barito Putera. Jadi PSSI tidak bisa masuk terlalu dalam dalam urusan ini," tegas Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Kemenangan Timnas Indonesia atas Bali United 3-1, Sebuah Assist Cantik Tercipta