Sukses


Bima Sakti Sebut 2 Perkembangan Positif Timnas Indonesia U-16 Selama TC di Bogor

Bola.com, Cibinong - Timnas Indonesia U-16 resmi mengakhiri pemusatan latihan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong. Pelatih Bima Sakti mengaku puas dan mengapresiasi perkembangan yang ditunjukkan para pemainnya.

Pemusatan latihan di Stadion Pakansari sudah berlangsung selama dua pekan terakhir. Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi performa para pemain Timnas Indonesia U-16 setelah melakoni dua laga uji coba pada akhir Oktober 2020.

Menurut Bima Sakti, para pemain mengalami peningkatan dari segi fisik, taktik, dan kekompakan. Bahkan, hal-hal yang menjadi kelemahan Timnas U-16 perlahan-lahan mulai teratasi, seperti kerja sama tim dan koordinasi lini belakang. 

"Saya melihat banyak sekali yang meningkat dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kami saat dua kali bertemu tim UAE U-16, sudah membaik," kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Minggu (29/11/2020). 

"Di mana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan. Agar tidak mudah ditembus lawan," ucap Bima Sakti.

Para pemain Timnas Indonesia U-16 akan dipulangkan ke daerah masing-masing setelah menyelesaikan pemusatan latihan. Rencananya, pemusatan latihan lanjutan akan digelar pada awal Desember 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Atmosfer Turnamen

Pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di Stadion Pakansari, Cibinong, pelatih Bima Sakti juga memberikan materi internal game. Metodenya adalah dengan interval jeda sehari bermain dan sehari bertanding.

Hal itu dilakukan Bima Sakti untuk membiasakan pemain terhadap atmosfer turnamen. Selain itu, Bima Sakti juga membiasakan pemain untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

"Ini berguna untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala AFC U-16. Saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali," ucap Bima Sakti.

"Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari," tegas Bima Sakti.

Video Populer

Foto Populer