Sukses


Pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 Masih Sesuai Jadwal

Bola.com, Solo - Indonesia sangat antusias menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2021. Pesta sepak bola dunia untuk level junior itu akan digelar pada Mei 2021 di Tanah Air, di mana artinya tinggal enam bulan lagi perhelatan akbar tersebut berlangsung.

Enam kota akan menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan, di mana ada enam stadion besar yang akan menggelar pertandingan tersebut, mulai dari Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Persiapan dan pembenahan juga dilakukan, terutama oleh pemerintah dalam menyiapkan venue pertandingan dan latihan. Selain stadion utama, sarana pendukung lain, seperti lapangan latihan juga tengah dalam persiapan.

Namun, kini banyak yang mempertanyakan bagaimana agenda Piala Dunia U-20 2021. Apalagi situasi pandemi COVID-19 di Tanah Air belum kunjung melandai. Namun, pemerintah melalui Kemenpora memastikan pelaksanaan masih sesuai jadwal.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto, ketika dijumpai Bola.com, menjelaskan bentuk komunikasinya dengan PSSI terkait persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Menurutnya, perhelatan akbar itu masih sesuai rencana dan sesuai jadwal.

"Sebenarnya komunikasi dengan FIFA dilakukan oleh PSSI karena kami tidak ingin masuk terlalu jauh. Namun, kami terus diinformasikan mengenai perkembangan terbaru, seperti PSSI menginformasikan segala perkembangannya. Bahkan termasuk kabar bahwa Piala Dunia U-20 belum ada dalam kalender AFC yang sempat membuat semua menjadi terkejut," ujar Gatot Dewa Broto di Solo, Jumat (4/12/2020).

"PSSI tidak kemudian mengarang, tapi tetap komfirmasi dengan FIFA dan memastikan semua masih sesuai jadwal. Kalender yang kemarin sempat ramai itu bukan dibuat oleh FIFA melainkan AFC," lanjut Sesmenpora itu terkait jadwal Piala Dunia U-20 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Apresiasi untuk FIFA

Kemenpora juga memberikan apresiasi besar kepada FIFA, yang sebagai federasi sepak bola dunia, begitu peduli dengan semua persiapan yang dilakukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Tentunya itu termasuk dalam upaya pencegahan pandemi COVID-19 dalam pelaksanaan turnamen akbar itu.

"Kami semua merasa puas dengan cara FIFA menghormati persiapan ini, karena semua sudah diperhitungkan dengan matang," ujar Gatot Dewa Broto.

"Kepres, Inpres, anggaran untuk Timnas Indonesia, sampai anggaran renovasi lapangan pendukung pun telah kami sampaikan kepada FIFA," lanjut Sesmenpora itu.

Video Populer

Foto Populer