Andy Wardhana Ceritakan Perannya sebagai Direktur Keuangan PSS

Oleh Vincentius Atmaja pada 06 Des 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 06 Des 2020, 14:45 WIB
Andy Wardhana Putra
Direktur Keuangan PSS Sleman, Andy Wardhana Putra (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Sleman - Kehadiran investor baru di PSS Sleman, ikut merombak struktur direksi di jajaran perusahaannya. Diketahui sosok Marco Gracia Paulo saat ini merupakan pemimpin baru tim Elang Jawa, sejak ditunjuk untuk mengelola PSS.

Dirinya dibantu sejumlah direksi, termasuk Andy Wardhana Putra. Nama Andy Wardhana sendiri sosok baru di dunia sepak bola khususnya bagi bumi Sembada.

Dirinya mengemban tugas sebagai direktur keuangan PT Putra Sleman Sembada (PSS), perusahaan yang menaungi klub PSS. Baru-baru ini, ia menjadi narasumber dalam podcast PSS Sleman untuk secara detial bercerita mengenai perannya.

Ia mengaku dunia sepak bola juga merupakan pengalaman yang baru baginya, lantaran pekerjaan aslinya adalah seorang bankir

"Saya bukan orang sepak bola, jadi masih asing. Tapi background saya di keuangan tepatnya sebagai investment bankir sekitar 20 tahunan. Diminta untuk ikut membesarkan PSS untuk bidang keuangan," terang Andy Wardhana.

Dunia sepak bola yang baru saja digelutinya tak lepas dari pengaruh Marco Gracia Paulo, Dirut PSS yang merupakan sohibnya di lingkungan pekerjaan dalam investasi dan bankir. Ia pun ikut diajak membesarkan tim pujaan Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania.

"Dalam bayangan saya dulu, PSS adalah klub yang unik, secara prestasi juga tidak jelek, cukup bagus. Lingkungan dan keluarga besar PSS juga luar biasa," tuturnya.

"Kebetulan owner baru PSS sama saya di bisnis keuangan dan diajak bergabung dengan tim PSS. Suatu tantangan yang menarik, mungkin ini suatu mutiara yang perlu diasah dan dikembangkan," lanjut Andy Wardhana.

2 dari 3 halaman

Peran Penting

Andy Wardhana Putra
Direktur Keuangan PSS Sleman, Andy Wardhana Putra (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Dalam tugas yang diembannya, neraca keuangan di PSS menjadi pertaruhan. Menurutnya, peran dari direktur keuangan di PSS adalah mencakup kegiatan operasional, cash flow perusahaan, hingga meyakinkan kelangsungan hidup PSS berjalan lancar dengan lebih transparan.

"Perannya cukup penting, karena harus menjaga kelangsungan cash flow klub, apalagi di musim pandemi COVID-19. Kendalanya adalah sedikit merubah kebiasaan, dari yang tradisinya agak tradisional, sekarang jadi lebih terencana dengan baik," bebernya.

Ia juga menjelaskan dalam waktu dekat PSS akan punya rumah baru. Sebagai wadah yang bisa menjadi kantor, tempat bertemu sponsor, suporter dan keluarga PSS secara lebih luas. Terdapat kafe, store yang berbau PSS Sleman, dan mini soccer di kompleks kantor baru PSS nantinya.

"Saya sangat yakin bekerja dan berhasil membuat tim ini yang lebih maju dan profesional. Ke depannya lebih eksis tidak hanya di tingkat lokal, namun jadi yang terdepan," jelas Andy Wardhana.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Ketum PSSI Apresiasi Piala Menpora dan Berharap Liga 1 Bergulir Juli Tahun Ini