Pelatih Timnas Malaysia Anggap Penundaan Piala AFF ke Desember 2021 sebagai Keputusan Tepat

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Des 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 09 Des 2020, 16:00 WIB
FOTO: Malaysia Gelar Latihan Perdana Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mendukung keputusan Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) yang menunda Piala AFF hingga Desember 2021. Menurut Tan Cheng Hoe, jadwal itu sudah ideal ketimbang yang sebelumnya.

AFF mengonfirmasi penundaan Piala AFF ke Desember tahun depan pada Senin (7/12/2020). Keputusan itu diambil dengan pertimbangan kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terkait dalam turnamen dua tahunan itu.

Penundaan ini menjadi yang kedua dilakukan AFF. Sebelumnya, Piala AFF direncanakan bergulir pada April-Mei 2021.

"Saya rasa April dan Mei bukanlah waktu yang ideal untuk Piala AFF karena waktu itu adalah Ramadhan. Tidak mudah untuk pemain menyesuaikan diri dengan situasi itu," kata Tan Cheng Hoe seperti dikutip Stadium Astro, Rabu (9/12/2020).

Tan Cheng Hoe juga mengambil hikmah atas penundaan Piala AFF ke Desember 2021. Menurut Tan Cheng Hoe, ini menjadi keuntungan buat Timnas Malaysia dalam mempersiapkan tim.

"Kami berharap dengan penundaan turnamen ini ke Desember tahun depan dapat memberikan ruang dan waktu buat pemain mempersiapkan diri," tegas Tan Cheng Hoe.

2 dari 3 halaman

Fokus Piala Dunia

Timnas Malaysia
Timnas Malaysia. (AFP/Mohd Rasfan)

Penundaan Piala AFF ke Desember 2021 membuat Timnas Malaysia bisa fokus ke agenda terdekat yakni Kualifikasi Piala Dunia 2022. Seperti diketahui, event tersebut rencananya akan digelar pada awal 2021.

Timnas Malaysia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Syafiq Ahmad dkk. mengemas sembilan poin dan hanya selisih dua angka dari Vietnam yang berada di puncak klasemen.

Timnas Malaysia masih punya peluang untuk melaju ke babak selanjutnya. Syaratnya adalah meraih kemenangan pada tiga laga sisa melawan Uni Emirat Arab, Vietnam, dan Thailand.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓