Sukses


Mantan Kapten Persib Takluk di Pilkada Kabupaten Bandung

Bola.com, Bandung - Kabar buruk diterima mantan kapten Persib Bandung, Atep Rizal. Menurut hasil hitung cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Atep bersama pasangannya, Yena Iskandar Masoem, takluk dalam Pilkada Kabupaten Bandung.

Berdasarkan data quick count yang sudah masuk 100 persen pada pukul 17.58 WIB, pasangan Yena Iskandar Masoem dan Atep Rizal menghuni peringkat ketiga dengan total suara 12,70 persen. Yena & Atep kalah telak dari pasangan Dadang Supriatna dan Syahrul Gunawan yang memiliki perolehan suara 56,53 persen.

Syahrul Gunawan merupakan artis sinetron yang tersohor di Indonesia. Mengacu pada hasil tersebut, pengaruh keartisan ternyata lebih unggul ketimbang pesepak bola.

Padahal, Atep menghabiskan karier sepak bolanya di Jawa Barat. Atep merupakan pemain legendaris yang memperkuat Persib Bandung rentang 2008-2018 dan PSKC Cimahi pad 2020.

Bersama Persib Bandung, Atep sukses mengumpulkan 227 pertandingan dan mencetak 30 gol. Atep juga menjadi bagian dari Persib saat meraih gelar juara Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Namun, ternyata pamor Asep Rizal di Persib Bandung tak bisa membawa pengaruh signifikan dalam pertarungan kontestasi di Pilkada Kabupaten Bandung. Atep kini masih punya peluang untuk melanjutkan karier di dunia sepak bola karena berencana mengambil lisensi pelatih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Daftar Panjang

Atep Rizal menambah daftar panjang pesepak bola Indonesia yang takluk dalam kontestasi politik. Sebelumnya sudah banyak pesepak bola atau pelatih yang bertumbangan saat ingin maju menjadi Wakil Rakyat.

Pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar, yang dua kali gagal ke senayan yakni pada Pemilu Legislatif 2014 dan 2019. Kemudian ada Budi Sudarsono yang gagal menjadi anggota DPRD Kabupaten Kediri hingga Markus Haris Maulana yang juga gagal menembus parlemen di DPRD Langkat.

Meskipun demikian, ada pula pesepak bola yang berhasil di dunia politik. Sebut saja legenda Persipura Jayapura, Jack Komboy, yang menjadi Wakil Ketua V DPR Papua dan mantan pemain Timnas Indonesia, Aris Budi Prasetyo, yang kini sudah dua periode menjadi Anggota DPRD Kota Pasuruan.

Video Populer

Foto Populer